Megawati : Kyai Hasyim Selalu Berpandangan Moderat, Toleran dan Welas Asih

"Beliau sosok yang mampu menciptakam suasana damai di tengah berbagai perbedaan. Pandanganya dikenal moderat, toleran, dan penuh welas asih. Kyai Hasyim juga mampu menjadikan diri sebagai jembatan persaudaraan umat beriman. Berbagai tokoh agama dan kepercayaan merasakan kebijaksanaan beliau,"

Megawati : Kyai Hasyim Selalu Berpandangan Moderat, Toleran dan Welas Asih


Telegraf, Jakarta – Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) dan juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) KH Hasyim Muzadi.

“Kami terus menjaga persahabatan dan sering menghadiri acara yang digagas beliau. Bahkan, ketika saya diminta oleh PM Thailand, Thaksin Shinawarta, agar membantu menyelesaikan ketegangan di Thailand Selatan akibat masalah agama, saya meminta bantuan KH Hasyim Muzadi bersama Bapak Hasan Wirajuda untuk membentuk International Conference of Islamic Scholars (ICIS),” ujar Megawati.

Terbukti, ujarnya, kemudian ICIS mampu menjadi wahana untuk mewujudkan dialog yang konprehensif guna memperkuat wajah Islam yang moderat, toleran, dan penuh dengan semangat perdamaian. “Selamat jalan Kiai Hasyim Muzadi menemui Sang Khalik. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga khusnul khotimah. Amin,” ujar Megawati.

Hasto juga menyampaikan beberapa kesan dan pesan dari Presiden Ke-5 RI tersebut terkait sosok KH Hasyim Muzadi. Megawati mengungkapkan, KH Hasyim adalah sosok sahabat sejati dan mereka bersama menjadi mitra berjuang pada saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2004.

“Beliau sosok yang mampu menciptakam suasana damai di tengah berbagai perbedaan. Pandanganya dikenal moderat, toleran, dan penuh welas asih. Kyai Hasyim juga mampu menjadikan diri sebagai jembatan persaudaraan umat beriman. Berbagai tokoh agama dan kepercayaan merasakan kebijaksanaan beliau,” ujar Megawati sebagaimana disampaikan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (16/03/2017).

Hasto menyampaikan beberapa kesan dan pesan dari Presiden RI kelima tersebut atas sosok figur seorang Kiai Hasyim Muzadi.

“Selamat jalan Kyai Hasyim Muzadi menemui Sang Khalik. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga khusnul khotimah. Amin,” tutur Megawati.


Image result for kh hasyim muzadi dan jokowi


Presiden Jokowi Juga Sampaikan Pandangannya Tentang Sosok Ulama Besar Tersebut

“Hari ini kita telah kehilangan putra terbaik bangsa bapak KH Hasyim Muzadi, seorang ulama besar, seorang ulama yang selalu mendinginkan suasana, menyejukkan hati kita,” kata Jokowi seusai meresmikan Pos Lintas Batas Negara Nanga Badau, di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

“Beliau adalah seorang guru bangsa yang menjabat kebinekaan negara kita Indonesia. Beliau telah berpulang ke rahmatullah pada pagi hari tadi, pada pukul 06.15 WIB di kediamannya di Malang,” tambah Jokowi.

Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Presiden pun menyampaikan duka cita.

“Saya ingin menyampaikan duka yang sedalam-sedalamnya semoga arwah beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik,” ungkap Jokowi. (Red)

Photo credit : Reuters/Darren Whiteside


KBI Telegraf

close