Makna Karya dan Seni Dari Raden Saleh Diaplikasikan Dalam Sebuah Fashion Show

Tanggal:


Telegraf, Jakarta – Lukisan “Penangkapan Pangeran Diponegoro” karya Raden Saleh menjadi tema sentral koleksi Major Minor MAHA untuk Dewi Fashion Knights (DFK) 2016. Mengapresiasi karya seni adalah sebuah proses personal, di mana Major Minor MAHA kali ini mengambil sudut pandang visual seragam para tentara Belanda yang tampil kontras dengan baju adat Jawa pada komposisi lukisan itu.

Referensi militer pun terasa dominan pada koleksi ini, selain tentunya kesan androgini yang muncul dari penerjemahan seragam militer untuk busana perempuan. Label yang didirikan oleh Ari dan Sari Seputra serta Inneke Margarethe ini menakar dengan tepat berbagai elemen kontradiktif tersebut dalam kemasan busana siap pakai yang relevan untuk kehidupan perempuan modern.

Aksen jajaran garis melintang di dada yang seketika mengingatkan akan era kolonialisme, diterapkan pada rompi maupun gaun panjang merah menyala. Motif Parang Rusak yang dikenakan para pengikut Pangeran Diponegoro disederhanakan menjadi liukan satu garis tak putus pada kerah tinggi dan mantel pendek. Sedangkan kesan tegas rompi double-breasted berkerah ekstra lebar disejajarkan dengan material lipit yang ringan menjulur dari pinggulnya. (Red)

Foto : Dok. Jakarta Fashion Week
 

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya
Telegraf

PLN Buka Program Tambah Daya, Bisa Lewat Aplikasi

Telegraf - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat memanfaatkan program...

Membangun Generasi Emas Di Era Digital

Telegraf - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama...

Penyaluran Kredit Bank BTN di Wilayah Timur Indonesia Capai 171 Persen

Telegraf - Program Bank Tabungan Negara (BTN) Solusi yang...

Penanganan Covid-19 di Indonesia Dapatkan Apresiasi Dari PBB

Telegraf - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi...