Kostum Ala David Bowie Terintepretasikan di DFK 2016 Oleh Sapto Djojokartiko

Kostum Ala David Bowie Terintepretasikan di DFK 2016 Oleh Sapto Djojokartiko

Di koleksi teranyarnya untuk Dewi Fashion Knights, Sapto Djojokartiko terinspirasi sosok legendaris budaya pop yang baru saja meninggal di awal tahun ini.

Kostum Ala David Bowie Terintepretasikan di DFK 2016  Oleh Sapto Djojokartiko

Telegraf, Jakarta – Kabar akan meninggalnya David Bowie bulan Januari lalu cepat tersebar ke berbagai pelosok dunia dengan akses internet. Pengaruhnya untuk budaya pop yang besar menyentuh hidup banyak orang yang turut besar mendengarkan lagu maupun menonton filmnya. Begitu juga dengan Sapto Djojokartiko. Film fiksi ilmiah keluaran tahun 1976, “The Man Who Fell To Earth,” menjadi titik awal referensi koleksinya kali ini.

Kostum yang dikenakan karakter Thin White Duke yang diperankan David Bowie diolah dan bertransformasi menjadi karya eksploratif tanpa menanggalkan ciri khas rancangan yang kaya detail. Salah satunya adalah bentuk trench coat yang turut dikreasikan untuk pria.

Pada sebuah rancangan, Sapto membelah kedua sisinya sampai pertengahan paha, memberikan alternatif berani akan konsep gaun malam. Ada juga versi longgar yang berkesan lebih santai. Konstruksi tailoring dipadukan dengan elemen feminin seperti ruffles, rumbai serta tekstur anyaman. Bentuk anyaman juga hadir dalam berbagai motif sebagai elemen tradisional yang tidak terjebak dalam nostalgia.

Di tangannya, ragam hias tersebut tampil segar dengan sentuhan mewah yang tak berlebihan. Kilau warna tanah pupus seperti tembaga dan rose quartz turut menyumbangkan kesan mewah tersebut sekaligus menjadi benang merah koleksi yang solid. (Red)

Foto : beberapa rancangan Sapto Djojokartiko di Jakarta Fashion Week

KBI Telegraf

close