Kolaborasi dan Teknologi Digital Jadi Kunci Sukses dalam Pengembangan Produk Berbasis Kearifan Lokal

Kolaborasi dan Teknologi Digital Jadi Kunci Sukses dalam Pengembangan Produk Berbasis Kearifan Lokal

Denden Sofiudin, seorang pemilik usaha kopi di Temanggung, membuktikan sendiri strategi tersebut untuk mengembangkan bisnis yang telah dirintisnya sejak 2015. Dia mendirikan Rumah Kopi Temanggung guna memfasilitasi hasil panen kopi dan tembakau dari para petani lokal.

Kolaborasi dan Teknologi Digital Jadi Kunci Sukses dalam Pengembangan Produk Berbasis Kearifan Lokal

Telegraf, Di tengah tantangan besar yang ditimbulkan pandemi Covid-19 terhadap dunia usaha, sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetap adaptif dan inovatif. Mereka menjalin kolaborasi dan mengandalkan teknologi digital untuk memasarkan produk-produk yang berbasis kearifan lokal. Hal ini menjadi topik bahasan webinar yang diadakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dengan tema “Pandemi dan Peluang Bisnis Berbasis Kearifan Lokal”, pada Jumat (27/11/2020).

Denden Sofiudin, seorang pemilik usaha kopi di Temanggung, membuktikan sendiri strategi tersebut untuk mengembangkan bisnis yang telah dirintisnya sejak 2015. Dia mendirikan Rumah Kopi Temanggung guna memfasilitasi hasil panen kopi dan tembakau dari para petani lokal.

“Dari sisi teknis, saya awalnya tidak memiliki pengetahuan dasar tentang kopi. Namun, saya berpengalaman dalam dunia digital. Jadi, saya mencoba menawarkan kopi lokal Temanggung secara online, dan ternyata respons pasar bagus,” kata Denden, dalam Webinar KPCPEN, Jumat lalu.

Setelah sukses, Denden mengajak beberapa temannya untuk melakukan hal yang sama. Dia bahkan turun tangan untuk mengajari teman-temannya tentang pemanfaatan teknologi digital yang kini banyak tersedia secara gratis atau tidak berbayar.

“Saya membuat sejumlah titik koordinat untuk mereka di Google Maps, dengan kata kunci ‘Kopi Temanggung’. Harapannya, siapa pun yang melintasi Temanggung tertarik untuk mencicipinya, dan calon konsumen cukup mencari lokasi penjual di Google Maps, lalu memilih penjual kopi yang sesuai dengan seleranya,” jelas Denden, sambil menambahkan, kolaborasi menjadi hal mutlak yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis lokal.

Upayanya untuk memasarkan kopi secara online lantas berbuah manis meski di tengah pandemi. Menurut pengakuan Denden, nyaris seluruh penjualan Rumah Kopi Temanggung dilakukan di kanal online. “Distribusi dan 95% penjualan Rumah Kopi Temanggung berasal dari kanal online,” ujar Denden.

Lebih dari Sekadar Pemasaran Digital

Satya Bilal, Wakil Sekjen International Council for Small Business, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatakan, pelaku UMKM jangan hanya berkutat dengan pemasaran digital.  Mereka juga perlu mengasah beberapa keahlian lain. Pertama, mencari dan menambah akses keuangan (pinjaman/modal); kedua, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (karyawan); ketiga, berkolaborasi; keempat, berinovasi; serta kelima membuat laporan keuangan secara profesional.

“Pelaku UMKM harus menjadi pebisnis yang lebih profesional. Mereka juga perlu mengasah insting bisnis. Kalau sebelumnya kita merasa puas dengan memperoleh dana Rp 100 rupiah, kita harus mampu mencapai lebih dari itu. Adaptasi bisnis harus selalu dilakukan agar kita bisa bertahan di tengah pandemi. Penggunaan anggaran pun harus tepat sasaran,” jelas Satya.

“Banyak sekali sektor-sektor ekonomi kreatif yang berkembang. Di Indonesia Timur, misalnya, kita memiliki begitu banyak satwa-satwa air, dan bisnis aquascape pun bermunculan di saat pandemi. Banyak UMKM yang sebetulnya berkembang, dan ada merek lokal, Sociolla, setelah dirintis selama lima tahun, berhasil berekspansi hingga ke Vietnam,” ujarnya lagi.

Dengan kekayaan budaya lokal dan potensi daerah di Indonesia, peluang bisnis masih terbuka luas bagi para pelaku UMKM. Penguasaan teknologi digital dan kepiawaian mengelola bisnis merupakan dua aspek yang menjadi kunci sukses untuk mengembangkan bisnis di era pandemi.


Photo Credit: Ilustrasi Pandemi dan Peluang Bisnis Berbasis Kearifan Lokal. FILE/DOK/Photo Antara

Yuliana

close