Kaukus Pancasila Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan Pada Pelajar SLTP

“Gotong royong atau kolaborasi merupakan kunci bagi penciptaan kemajuan-kemajuan. Hanya dengan persatuan kita bisa bermusyawarah untuk menciptakan keadilan sosial bagi bangsa dan dunia,”

Kaukus Pancasila Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan Pada Pelajar SLTP

Telegraf, Nganjuk – Bertempat di GOR Bung Karno Begadung Nganjuk, pada Rabu (18/12/19) Ketua Kaukus Pancasila, Eva Sundari memberikan motivasi kebangsaan kepada 2000 an pelajar SMP dan MTs di Nganjuk. Acara dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Marhaen Djumadi dengan dihadiri oleh para kepala sekolah SMP dan MTs se Kecamatan Nganjuk dan pejabat Forkompida.

Dalam pembekalannya, Wabup dari PDIP tersebut menguraikan asal nama Nganjuk yang diambil dari Prasasti Anjuk Ladang tertanggal 1082 Masehi yang artinya Tanah Kemerdekaan.

“Nganjuk mewarisi jiwa merdeka yang menjadi tujuan belajar merdeka yang muaranya adala manusia-manusia unggul warga dunia yang tetap mencintai dan membela bangsanya ,” ucap Wabup yang akrab dipanggil Kang Marhaen tersebut.

Sebelum memulai pembekalan, Eva Sundari memperkenalkan Salam Pancasila kepada para peserta yang antusias mempraktekkannya beberapa kali. Lagu nasional Garuda Pancasila dan Bangun Pemudi Pemuda dinyanyikan diselingi yel-yel penambah semangat peserta.

Setelah melakukan dialog interaktif dengan beberapa siswa, Eva Sundari mengajak diskusi terkait konsep Bela Negara. “Bekerja keras dan menjadikan diri kita manusia unggul dan merdeka adalah kunci kemajuan bangsa. Pastikan kita mempunyai tiga kecerdasan sekaligus yaitu bahasa, angka, dan komunikasi yang harus dibekali dengan penguasaan teknologi,” kata Eva Sundari.

Kaukus Pancasila Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan Pada Pelajar SLTP

Eva Sundari memberikan motivasi kebangsaan kepada 2000 an pelajar SMP dan MTs.

Menurut Eva, Pancasila memberikan modal bagi pembentukan karakter berjiwa merdeka karena hanya siswa yang toleran yang mampu mengelola perbedaan sehingga mampu bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

Baca Juga :   Pembelajaran Online, KPAI Minta Kemdikbud Tambah Kuota Internet

“Gotong royong atau kolaborasi merupakan kunci bagi penciptaan kemajuan-kemajuan. Hanya dengan persatuan kita bisa bermusyawarah untuk menciptakan keadilan sosial bagi bangsa dan dunia,” jelas Eva Sundari.

Acara yang diprakarsai oleh Kesbangpol Kabupaten Nganjuk tersebut berikutnya akan dilanjutkan per kecamatan secara bergiliran.

“Setelah melaksanakan penguatan wawasan kebangsaan untuk pelajar SLTA maka kita melanjutkannya untuk SLTP, bahkan ke SD, TK dan Paud. Semakin dini kita mengenalkan Pancasila semakin kuat kita bisa membentuk kepribadian siswa berdasar Pancasila,” ungkap Imam Ashari, Kepala Kesbangpol saat membuka acara. (Red)


Photo Credit : Kaukus Pancasila berikan motivasi kebangsaan kepada 2000 an pelajar SMP dan MTs di Nganjuk. TELEGRAF/Kawat Berita Indonesia

A. Chandra S.