Connect with us

Ekonomika

Relawan Jabar: Mewujudkan Kedaulatan Pangan Butuh Upaya Terobosan

Published

on

Photo Credit: Presiden Joko Widodo menanam jagung bersama para petani di Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa, 23 November 2021. Foto: BPMI/Muchlis Jr
Photo Credit: Presiden Joko Widodo menanam jagung bersama para petani di Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa, 23 November 2021. Foto: BPMI/Muchlis Jr

Telegraf – Tingkat produksi beras tinggi saat ini sehingga Indonesia tak perlu mengimpor beras selama 3 tahun terakhir. Banyak apresiasi muncul, salah satu wujudnya adalah penghargaan swasembada beras dari International Rice Research Institute (IRRI) yang diserahkan kepada Presiden Jokowi, Minggu, 14/08/2022. Capaian ini terjadi saat sebagian warga dunia kesulitan memenuhi kebutuhan pangan setelah pecahnya Perang Ukraina.

Produksi beras tinggi dan zero impor pada satu sisi baik, namun hal ini tak berarti tak ada persoalan dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan. Produksi beras bisa saja tinggi, namun belum tentu kesejahteraan petani pada saat sama naik. Devisa negara pun banyak terkuras karena kebutuhan impor bahan pangan seperti gandum, kedelai juga daging sapi.

Kendati jumlah beras cukup, tapi ada alasan-alasan lain yang mengharuskan tetap adanya impor komoditi pangan. Industri kuliner banyak membutuhkan bahan yang tak bisa diproduksi sendiri. Kegemaran orang Indonesia makan roti dan mie instan juga jadi faktor pendorong kenapa impor gandum terus naik sehingga terasa jadi beban saat ini.
Untuk mencapai kesejahteraan bangsa tentu, kedaulatan pangan mesti diujudkan. Hal itu tak mudah, sehingga yang dibutuhkan adalah langkah terobosan.

Belasan relawan dari berbagai kota Jawa Barat telah berkumpul pekan lalu, Rabu, 10 Agustus 2022, di Sumedang membahas topik Agenda 45: Jalan Kesejahteraan Indonesia. Dalam Fokus Group Discussion itu, pangan menjadi salah satu dari 5 topik pilar untuk mewujudkan kesejahteraan Indonesia mendatang. Empat pilar lain yang dimaksud adalah energi, kebudayaan, tata kelola pemerintahan dan geopolitik.

Belasan relawan dari berbagai kota Jawa Barat telah berkumpul pekan lalu, Rabu, 10 Agustus 2022, di Sumedang membahas topik Agenda 45: Jalan Kesejahteraan Indonesia, dalam Fokus Group Discussion.

Konsep awal Agenda 45 dihasilkan dalam FGD di Jakarta 11 Juli lalu. Rumusan itu diuji lebih dalam di 13 provinsi termasuk Jawa Barat, kemudian hasilnya akan diserahkan ke Pengurus Pusat Seknas Jokowi. Rumusan akhir akan disampaikan ke publik sebelum diserahkan ke Presiden Joko Widodo September mendatang dalam sebuah acara yang akan berlangsung di Jombang, Jawa Timur.

Rumusan itu merupakan inisiatif masyarakat untuk menjadi masukan bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2025-2045.

“Selama ini penyusunan RPJP selalu diinisiasi oleh pemerintah dan DPR, agar aspirasi rakyat lebih terpenuhi, inisiatif masyarakat yang lebih luas,” kata Wakil Ketua Umum Seknas Jokowi Ismarilda saat membuka FGD di Sumedang.

Kondisi pangan saat ini tentu mengharuskan bangsa Indonesia kembali memikirkan maksud dari kedaulatan pangan yang menjadi cita-cita para pendiri negara.

“Dalam FGD di Sumedang, muncul pemikiran dari peserta bahwa kedaulatan pangan merupakan sebuah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan individu,” kata Wahyudin, Ketua Seknas Jokowi Jawa Barat, Senin, (15/08/2022).

Menurutnya, hal itu tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau. Program pembangunan pangan mesti ditata sesuai dengan keyakinan dan budaya, untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan.

“Pembangunan pangan ditujukan untuk mewujudkan ketahanan pangan berbasis kedaulatan pangan dan kemandirian pangan,” imbuhnya.

Untuk mengatasi situasi pangan dunia, termasuk kondisi dimana pangan di Indonesia saat ini dibutuhkan upaya terobosan. Salah satunya adalah soal bagaimana mempercepat adopsi teknologi pertanian dengan mengoptimalkan potensi pertanian, sumber daya alam dan sumber daya manusia. Semua mesti dilakkukan dengan tetap memperhatikan kaidah keseimbangan alam.

Upaya mewujudkan ketahanan pangan tentu akan berhasil bila sektor pilar lain mendukung. Dengan lahan subur dan luas ketahanan pangan berhasil bila menyatu dalam tata kelola pemerintah yang baik. Demikian pula dukungan lain seperti kebijakan luar negeri yang sesuai dengan peta pergesaran kekuatan global sehingga kedaulatan pangan dapat terjaga dan terwujud.

 

Indra Christianto
Latest posts by Indra Christianto (see all)

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Ekonomika

Evaluasi Berkala, Pertamina Turunkan Harga Pertamax

Published

on

Petugas SPBU saat melayani konsumen mengisi BBM kendaraan. ANTARA
Petugas SPBU saat melayani konsumen mengisi BBM kendaraan. ANTARA

Telegraf – Pertamina Patra Niaga, subholding komersil dan perdagangan PT Pertamina (Persero), kembali melakukan penyesuaian harga untuk bahan bakar minyak (BBM) non subsidi yang berlaku mulai hari ini.

Kenaikan ini merupakan hasil evaluasi harga berkala, dan menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, harga BBM non subsidi akan terus disesuaikan mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

“Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya. Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk gasoil (diesel) Dexlite dan Perta Dex penyesuaiannya naik harga,” kata Irto dalam pernyataannya, Sabtu (01/10/2022).

Untuk Pertamax Turbo (RON 98), harganya disesuaikan menjadi Rp14.950 dan Pertamax (RON 92) menjadi Rp13.900, sedangkan Dexlite (CN 51) menjadi Rp17.800 dan Perta Dex (CN 53) menjadi Rp 18.100 per liter.

Harga ini, jelas Irto, berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta.

“Seluruh harga baru ini sudah sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi. Pertamina juga terus berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang kompetitif di seluruh wilayah Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :   Jokowi Sebut Sudah 19,9 Juta Orang Telah Terima BLT BBM

Mengenai adanya perbedaan penyesuaian harga pada produk Pertamax Series dan Dex Series, menurut Irto, diakibatkan oleh kondisi energi global, salah satunya adalah geopolitik di Eropa Timur. Kondisi ini menyebabkan tingginya permintaan produk bahan bakar gas di seluruh dunia, dan salah satu substitusi produk bahan bakar gas adalah bahan bakar diesel yang harganya mengacu kepada MOPS Kerosene.

“MOPS Kerosene ini menjadi acuan harga untuk bahan baku produk diesel. Tingginya permintaan dan terbatasnya bahan baku membuat harganya menjadi tetap tinggi, meskipun harga minyak dunia trennya menurun,” tandasnya.

Indra Christianto
Latest posts by Indra Christianto (see all)

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Subsidi Kedelai Senilai Rp1.000 Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Published

on

Perajin membersihkan kedelai di salah satu rumah industri di Jakarta, Kamis (6/10). Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tahu dan Tempe Indonesia (Gakopindo) Aip Syarifuddin mengatakan kenaikan harga kedelai impor satu bulan terakhir rata-rata berada di kisaran Rp6.900 - Rp7.000 per kilogram di tingkat koperasi yang sebelumnya Rp6.300 - Rp6.500 sedangkan harga di pasaran lebih tinggi yakni Rp10.597 per kilogramnya. ANTARA/M Agung Rajasa/
Perajin membersihkan kedelai di salah satu rumah industri di Jakarta, Kamis (6/10). Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tahu dan Tempe Indonesia (Gakopindo) Aip Syarifuddin mengatakan kenaikan harga kedelai impor satu bulan terakhir rata-rata berada di kisaran Rp6.900 - Rp7.000 per kilogram di tingkat koperasi yang sebelumnya Rp6.300 - Rp6.500 sedangkan harga di pasaran lebih tinggi yakni Rp10.597 per kilogramnya. ANTARA/M Agung Rajasa

Telegraf – Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program subsidi kedelai sebesar Rp1.000 per kilogram hingga akhir Desember 2022 mendatang, khusus bagi perajin tempe dan tahu.

“Program bantuan selisih harga pembelian bahan baku kedelai untuk perajin tahu tempe dengan besaran Rp1.000 per kilogram ini nanti akan diperpanjang hingga akhir Desember ini,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, di Bandarlampung, Jumat, (30/09/2022).

Zulkifli mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat perajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

“Tadi juga sudah mendengar masukan dari perajin tahu tempe, dan akan diperjuangkan pula untuk pemberian subsidi kedelai itu tidak diangsur satu hingga dua bulan tetapi langsung per tahun,” terangnya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut diharapkan dapat menjaga keberlangsungan produksi tahu tempe dengan harga yang terjangkau dengan mendapatkan kedelai dengan harga terjangkau.

“Kalau perajin dapat harga yang wajar maka produksi berjalan lancar dan harga produknya pun terjangkau bagi masyarakat,” bebernya.

Tanggapan lain atas adanya rencana tersebut dikatakan oleh Ketua Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin.

“Agar dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan perbaikan dalam meningkatkan efektivitas program bantuan selisih harga pembelian kedelai sehingga dapat mencapai target yang tepat sasaran,” kata Aip Syarifuddin.

Menurut Aip, bantuan pemerintah tersebut sangat membantu perajin tahu tempe. Serta berharap realisasi bantuan dapat segera dipercepat.

Baca Juga :   Rupiah Melemah Ditengah Masih Agresifnya The Fed

“Harapannya ini bisa dipercepat, jadi produksi tidak terganggu dan konsumsi tahu tempe terjaga,” tandasnya.

Indra Christianto
Latest posts by Indra Christianto (see all)

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Rupiah Melemah Rp15.227 per Dolar AS di Akhir September

Published

on

Seorang karyawan menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS. ANTARA
Seorang karyawan menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS. ANTARA

Telegraf – Nilai tukar rupiah masih berada dalam tekanan dolar AS. Pada perdagangan hari ini Jumat (30/9/2022), rupiah kembali melemah 35,5 poin atau 0,23 persen dan berada di level Rp15.227 per dolar AS.

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp15.232 per dolar AS.

Menurut Analis DCFX Lukman Leong dolar cenderung melemah hari ini terjadi karena pasar berekspektasi bank sentral Eropa (ECB) bertindak agresif pada kenaikan suku bunga setelah inflasi Jerman melonjak ke 10 persen.

“Rupiah menguat oleh koreksi pada dolar AS dengan imbal hasil obligasi AS turun. Dolar AS melemah oleh penguatan pada EUR dan GBP,” kata Lukman Leong.

Pekan depan, Lukman memproyeksi dolar AS berpeluang bangkit menjelang rilis data perubahan jumlah tenaga kerja (NFP) AS. Ia memperkirakan rupiah berada di rentang Rp15.100-Rp15.350 per dolar AS.

Sebaliknya, beberapa mata uang di kawasan Asia kompak berada di zona hijau. Baht Thailand menguat 0,24 persen, peso Filipina naik 0,57 persen, won Korea Selatan menguat 0,49 persen, dan yuan China naik 0,49 persen.

Dolar Singapura juga menguat 0,15 persen pada penutupan perdagangan sore ini.

Senada, mata uang utama negara maju kompak berada di zona hijau. Tercatat euro Eropa menguat 0,36 persen, poundsterling Inggris menguat 0,73 persen. Sedangkan franc Swiss melemah 0,02 persen.

Baca Juga :   Jokowi Sebut Sudah 19,9 Juta Orang Telah Terima BLT BBM

Lalu, dolar Australia menguat 0,28 persen, dan dolar Kanada menguat 0,12 persen.

Indra Christianto
Latest posts by Indra Christianto (see all)

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Ditutup Menguat ke 7.040, 193 Saham Berprogres Naik

Published

on

Photo Credit: Seorang karyawan melewati layar yang menampilkan pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. ANTARA/Galih Pradipta
Photo Credit: Seorang karyawan melewati layar yang menampilkan pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. ANTARA/Galih Pradipta

Telegraf – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 4,60 poin atau 0,07% ke level 7.040,79 pada perdagangan hari ini, Jumat (30/09/2022).

Tercatat ada 193 saham menguat, 386 saham melemah dan 117 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp15,2 triliun dari 24,2 miliar saham yang diperdagangkan.

Mayoritas indeks sektoral melemah antara lain bahan baku 0,19%, industri 0,73%, properti 1,44%, teknologi 1,22%, infrastruktur 1,08%, transportasi 1,34%, non siklikal 0,28%, siklikal 0,97%. Yang menguat hanya energi 0,65%, kesehatan 1,39%, keuangan 0,35%.

Adapun saham-saham yang masuk top gainers yaitu PT Bekasi Asri Pemula Tbk (BAPA) naik 34,40% ke Rp168, PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) naik 20,47% ke Rp412 dan saham PT Wahana Inti Makmur Tbk (NASI) naik 15,27% ke Rp151.

Sedangkan saham-saham yang masuk top losers antara lain, PT Agung Menjangan Mas Tbk (AMMS) turun 10,00% di Rp108, PT Net Visi Media Tbk (NETV) merosot 6,90% di Rp270, dan saham PT Royalindo Investa Wijaya Tbk (INDO) turun 6,67% ke Rp126.

Indra Christianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Ma’ruf Amin Minta Pengusaha dan Buruh Perbarui Komitmen Dengan Pemerintah

Published

on

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3). ANTARA
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3). ANTARA

Telegraf – Selama pandemi Covid-19, dunia kerja global memperlihatkan kerentanan akan disrupsi yang terjadi di bidang sosial-ekonomi, khususnya bagi pekerja migran, pekerja perempuan, pekerja informal dan pekerja dengan disabilitas.

Oleh sebab itu, pemerintah, pengusaha dan buruh mesti membarui komitmen bersama untuk memantapkan kesiapan pekerja dalam mengatasi dampak krisis dan menghadapi dunia kerja di masa depan.

“Apalagi saat ini, kita memiliki visi besar untuk mewujudkan Indonesia Maju. Tenaga kerja yang produktif, memiliki kapasitas dan kapabilitas, serta tahan dan adaptif dalam situasi yang terus berubah, tentunya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan visi tersebut,” kata Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Napak Tilas dan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) di Graha Mahar Agung Tulangan, Jalan Raya Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Jumat (30/09/2022).

Tidak hanya itu, lanjut Ma’ruf, dunia kerja baru yang menjadikan pekerja sebagai pusatnya menuntut upaya pemulihan yang juga berpusat pada pekerja, yaitu dengan memperhatikan hak, kebutuhan dan aspirasi buruh.

“Hal ini sejalan dengan mandat Deklarasi 100 Tahun Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf menyebutkan bahwa sebagaimana rekomendasi ILO, dialog sosial menjadi mekanisme yang paling efektif dalam menyampaikan masukan-masukan untuk merumuskan kebijakan dalam merespons tantangan di bidang ketenagakerjaan.

“Studi yang dilakukan ILO pada tahun 2021 di 133 negara menunjukkan bahwa serikat buruh berkolaborasi dengan pemerintah dan pengusaha melalui dialog sosial untuk merumuskan kebijakan, baik di tingkat nasional maupun internasional, dalam memperkuat kapasitas pekerja saat krisis menerpa, maupun dalam menyusun strategi jangka panjang untuk mengatasi dampak krisis,” terangnya.

“Dialog sosial untuk mencari solusi bersama atas beragam masalah ketenagakerjaan menjadi salah satu pilar dari panduan ILO dalam menghadapi dampak krisis pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Untuk itu, pada momentum HUT K-Sarbumusi ini, Ma’ruf berpesan agar K-Sarbumusi terus memperhatikan visi, agenda, dan tren global di bidang ketenagakerjaan tersebut. Di samping juga terus memegang teguh nilai-nilai dan paham Nahdliyin dalam merespons berbagai persoalan.

“Nahdlatul Ulama menganut paham ahlussunah wal jama’ah yang memiliki pola pikir mengambil jalan tengah antara aqli dan naqli. Inilah identitas Nahdliyin. Kerangka berpikir Nahdliyin disebut fikrah nahdliyah yang dilandaskan pada khittah nahdliyah dalam menentukan arah perjuangan untuk mewujudkan ishlah-al-ummah atau perbaikan umat,” paparnya.

Baca Juga :   Rupiah Melemah Ditengah Masih Agresifnya The Fed

Dialog sosial yang dimandatkan ILO, kata Ma’ruf, sesungguhnya selaras dengan cara berpikir NU tersebut. Sebab menurutnya dialog sosial akan menunjang kohesi sosial yang akan berkontribusi pada berfungsinya perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pekerja.

“Ini juga yang diinginkan NU, kebaikan dan perbaikan bagi umat, bangsa, dan negara,” tegasnya.

Terakhir, pada kesempatan ini, Wapres juga menyampaikan apresiasi atas segala kiprah K-Sarbumusi sebagai badan otonom NU sejak 1955 yang kini telah menjadi salah satu dari lima organisasi pekerja terbesar di Indonesia dengan jumlah keanggotaan mencapai ratusan ribu orang.

“Hal itu menjadi modalitas yang sangat penting bagi K-Sarbumusi untuk menjadi mesin penggerak transformasi pekerja yang kita harapkan bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan bahwa tantangan global yang dihadapi para pekerja dapat diatasi melalui kerja sama pemerintah dan pihak yang berkepentingan agar dapat melalukan kolaborasi dalam mencari solusi.

“Saya kira tantangan dan dinamika itu sungguh sangat luar biasa. Dan kita bisa mengatasi seluruh tantangan ini dengan kolaborasi, kerja sinergitas antara pemerintah, pengusaha, dan kelompok serikat pekerja ini,” kata Ida.

Hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor Ali, beserta jajaran anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur.

Indra Christianto
Latest posts by Indra Christianto (see all)

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close