Edukasi Anak Sejak Dini Lewat Jalur Dongeng

Edukasi Anak Sejak Dini Lewat Jalur Dongeng

“Dongeng adalah seni mengatakan tanpa mengatakan. Dongeng dapat memberikan banyak manfaat dan great value,”

Edukasi Anak Sejak Dini Lewat Jalur Dongeng


Telegraf, Jakarta – Perkembangan dunia yang kian modern menimbulkan berbagai kompleksitas permasalahan yang berdampak pada kehidupan anak. Sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang pemberdayaan anak, UNICEF memberikan penghargaan Champion for Children kepada Ariyo Zidni, Ketua Ayo Dongeng Indonesia.

Lewat dongeng, Ariyo berupaya menyelamatkan anak-anak Indonesia. Berawal dari keikutsertaan dalam kegiatan mendongeng untuk pasien anak pengidap kanker dan tumor di RSCM pada tahun 1999, Ariyo bersama empat rekan lain kemudian membentuk komunitas Ayo Dongeng Indonesia pada tahun 2011.

Ayo Dongeng Indonesia berkomitmen untuk mengkampanyekan kegiatan mendongeng bagi anak Indonesia. Menurut Ariyo, Melalui sebuah cerita, pendidikan dapat diberikan tanpa adanya paksaan. “Dongeng adalah seni mengatakan tanpa mengatakan. Dongeng dapat memberikan banyak manfaat dan great value,” kata Ariyo.

Festival Dongeng Internasional Indonesia merupakan perhelatan akbar yang diadakan oleh Ayo Dongeng Indonesia. Festival ini menghadirkan pendongeng dari dalam dan luar negeri tanpa adanya bayaran tertentu. Dongeng tradisional dan kontemporer hadir dalam festival ini. Saat ini, telah terdaftar 250 relawan dongeng yang mengadakan kegiatan ini setiap minggu.

Menurut Ariyo, Seni mengatakan tanpa mengatakan adalah cara terbaik untuk menyelamatkan anak bangsa. Dari sebuah cerita, terdapat banyak value yang dikandung. (Red)

Photo Credit : Gemati


KBI Telegraf

close