Anies dan Muhaimin Iskandar Bertemu di Pemakaman KH Hasyim Muzadi

Anies dan Muhaimin Iskandar Bertemu di Pemakaman KH Hasyim Muzadi

"Meskipun pesannya rumit, penyampaiannya sederhana, membekas, membuat suasana selalu gayeng. Bisa dialog dengan siapapun dan siapa saja,"

Anies dan Muhaimin Iskandar Bertemu di Pemakaman KH Hasyim Muzadi


Telegraf, Jakarta – Gemuruh pelayat, dan anggota keluarga mengantarkan jenazah KH Hasyim Muzadi di Pondok Pesantren Al Hikam Depok. Selanjutnya jenazah ulama yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) KH Hasyim Muzadi dihadiri sejumlah tokoh serta pejabat negara, termasuk calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Saat Anies berjalan menuju kediaman Hasyim Muzadi, pada saat iku acara takziyah tersebut justru mempertemukan Anies dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Seolah menyambut kedatangan Anies, Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, langsung berbincang santai dengan Anies ditemani oleh salah satu petinggi PKB, Jazilul Fawaid.

Mereka sama-sama mengenakan kemeja putih. Ketiganya terlihat akrab berbincang sebelum melayani tanya jawab dengan awak media. Baik Cak Imin maupun Anies, dalam sesi tanya jawab tidak membicarakan hal lain selain sosok Hasyim Muzadi.

“Kesabaran dan cara komunikasi yang humoris itulah yang menjadikan beliau bisa diterima di semua kalangan,” ujar Cak Imin di kawasan kediaman Hasyim Muzadi di Depok, Jawa Barat, Kamis (16/03/2017).

Sementara itu, Anies menilai Hasyim sebagai sosok yang pandai berkomunikasi dan selalu memberi pesan dengan sejuk.

“Meskipun pesannya rumit, penyampaiannya sederhana, membekas, membuat suasana selalu gayeng. Bisa dialog dengan siapapun dan siapa saja,” ujar Anies.

Mereka mengikuti prosesi pemakaman Hasyim menggunakan cara militer. Sebelumnya jenazah disalatkan di Masjid Al-Hikam yang letaknya tak jauh dari rumah duka. Dalam prosesi ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla bertugas sebagai inspektur upacara pemakan tersebut.

KH Hasyim Muzadi meninggal dunia pada pagi hari tadi sekitar pukul 06.15 WIB di kediamannya, di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur. KH Hasyim Muzadi lahir di Bangilan, Tuban, 72 tahun silam dan tutup usia setelah menjalani perawatan intensif akibat penyakit yang dideritanya. (Red)

Photo credit : Antara


KBI Telegraf

close