Anies Baswedan Soal Kajian Reklamasi Teluk Jakarta: Ada Konsekuensi Bisnisnya

Anies Baswedan Soal Kajian Reklamasi Teluk Jakarta: Ada Konsekuensi Bisnisnya

"Secara prinsip kan setiap keputusan punya konsekuensi. Jadi kalau melakukan keputusan bisnis, tentu ada konsekuensi bisnisnya,"

Anies Baswedan Soal Kajian Reklamasi Teluk Jakarta: Ada Konsekuensi Bisnisnya


Telegraf, Jakarta – Kajian soal reklamasi Teluk Jakarta disebut telah selesai pada bulan ini. Menanggapi hal itu, calon Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pihak pengembang yang berinvestasi di pulau reklamasi telah mengetahui konsekuensi yang harus dihadapi.

“Secara prinsip kan setiap keputusan punya konsekuensi. Jadi kalau melakukan keputusan bisnis, tentu ada konsekuensi bisnisnya,” ujar Anies Baswedan, Rabu (8/3/2017).

Meski masih menunggu hasil kajian reklamasi itu diungkap ke publik, Anies menilai, para pengembang atau perusahaan seharusnya sudah menentukan konsekuensi membangun di atas pulau reklamasi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini merasa yakin, jika kajian reklamasi menyatakan tidak melanjutkan mega proyek tersebut, para pengembang sudah menyiapkan rencana bisnis lain.

Namun, Anies enggan berandai-andai jika nantinya kebijakan menghentikan reklamasi yang dia wacanakan selama Pilkada DKI Jakarta 2017, menuai gugatan ketika terpilih sebagai Gubernur.

“Ya nanti kita lihat, kita belum tahu digugat apa enggak kan. Tapi secara aturan, keputusan bisnis ada konsekuensi bisnis,” tuturnya.

Anies pun meminta agar para pengembang tidak hanya memandang dari segi keuntungan dalam menjalankan bisnis, akan tetapi lari dari tanggungjawab ketika menemui persoalan.

“Prinsipnya kalau untung tenang, kalau ada masalah orang lain yang harus disuruh tanggungjawab? Jangan dong, tanggungjawab semua,” pungkasnya. (Red)

Photo credit : Ist. Photo


KBI Telegraf

close