Anies Baswedan Cawapres Prabowo di Pilpres 2019?

"Baru mulai di Jakarta, kita jalani. Sekarang saya lagi fokus soal antisipasi banjir, masalah keluhan warga. Sekarang saya fokus di situ,"

Anies Baswedan Cawapres Prabowo di Pilpres 2019?


Telegraf, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menanggapi ihwal pernyataan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik yang menyebutkan bahwa Anies Baswedan pantas untuk maju mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Nggak, nggak,” kata Anies di Menara ESQ 165, Jalan TB Simatupang, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (24/02/2018).

Jawaban Anies tersebut bukanlah sebuah jawaban yang pertama kali dilontarkan, sebelumnya 2 bulan setelah dilantik dan menjawab pertanyaan yang sama dari media yang pernah menyanyakan hal serupa kepadanya. Namun, pada kala itu Anies menjawab secara diplomatis, dimana ia hanya ingin fokus bekerja.

“Baru mulai di Jakarta, kita jalani. Sekarang saya lagi fokus soal antisipasi banjir, masalah keluhan warga. Sekarang saya fokus di situ,” kata Anies di Balai Kota saat itu, (05/12/2017).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik menilai jika Anies Baswedan yang kini mengemban jabatan sebagai Gubernur DKI adalah sosok yang pantas dan cocok mendampingi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Ya cocok juga (Anies dampingi Prabowo). Gerindra itu terbuka. Kita belum ngomongin soal wakilnya ya itu kewenangan capresnya,” kata Taufik, Jumat (23/02/2018).

Elektabilitas Prabowo masih menjadi salah satu yang tertinggi sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. Berdasarkan survei Alvara Research Center, elektabilitas Prabowo mencapai 26,5 persen, masih di bawah Joko Widodo yang elektabilitasnya mencapai 46,1 persen. Survei dilaksanakan pada 15 Januari-7 Februari 2018 di enam wilayah besar, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali Nusra, dan Papua.

Baca Juga :   Ancaman Jakarta Tenggelam Bermotif Politik Amerika

“Mayoritas responden menyatakan setuju jika Prabowo dalam Pilpres 2019 berpasangan dengan Anies Baswedan. Angkanya mencapai 60 persen,” ujar CEO Alvara Hasanuddin Ali di Jakarta, Jumat (23/02/2018).

Sementara, untuk cawapres Prabowo, Anies dinilai tokoh yang terkuat, ia mendapat responden sebanyak 60 persen. Survei Alvara dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada 2.200 responden yang berusia 17–65 tahun dengan margin error 2 persen. (Red)


Photo Credit : Anies Baswedan dianggap sosok yang pantas dampingi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. | Antara/Yudi Mahatma

KBI Telegraf

close