Amy Coney Barrett Dipilih Trump Jadi Hakim Agung AS

"Hari ini adalah kehormatan bagi saya untuk menominasikan salah satu pemikir hukum paling cemerlang dan berbakat di negara kita ke Mahkamah Agung,"

Amy Coney Barrett Dipilih Trump Jadi Hakim Agung AS

Telegraf – Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (26/09/2020) mengumumkan hakim banding konservatif Amy Coney Barrett sebagai hakim baru di Mahkamah Agung AS.

Barrett muncul di Gedung Putih bersama Trump saat dia membuat pengumuman.

“Hari ini adalah kehormatan bagi saya untuk menominasikan salah satu pemikir hukum paling cemerlang dan berbakat di negara kita ke Mahkamah Agung,” kata Trump.

Beralih ke Barrett, Trump mengatakan bahwa “Anda sangat memenuhi syarat untuk pekerjaan itu”

Barret dan suaminya yang merupakan seorang pengacaramemiliki tujuh anak, dua di antaranya diadopsi dari Haiti, dan mereka bergabung dengannya dalam upacara di Taman Mawar Gedung Putih.

Jika dipastikan untuk menggantikan ikon liberal Ruth Bader Ginsburg, yang meninggal pada usia 87 pada 18 September, Barrett akan menjadi wanita kelima yang pernah bertugas di badan peradilan AS teratas dan mendorong mayoritas konservatifnya menjadi 6-3.

Dengan sesama anggota Partai Republik Trump mengendalikan Senat, konfirmasi tampaknya pasti, meskipun Demokrat mungkin mencoba membuat prosesnya sesulit mungkin.

“Saya mencintai Amerika Serikat dan saya mencintai Konstitusi Amerika Serikat,” kata Barrett, seraya menambahkan bahwa dia “sangat tersanjung” atas kepercayaan yang ditunjukkan Trump kepadanya.


Photo Credit: Hakim Amy Coney Barrett dinilai melebihi kriteria dasar untuk menjadi seorang hakim mahkamah AS. AFP/Getty Images/Olivier Douliery

 

Yuan Adriles