Alami Defisit, Anggaran Dana PEN Ditambah

Alami Defisit, Anggaran Dana PEN Ditambah

"APBN #uangkita akan terus menjaga dan dijaga untuk melindungi rakyat dan Indonesia dengan akuntabel dan tata kelola yang baik dan hati-hati,"

Alami Defisit, Anggaran Dana PEN Ditambah


Telegraf – Alokasi anggaran pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terhitung mencapai Rp 627,9 triliun. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indarawati pada Sabtu (06/02/2021).

Selain anggaran program PEN, Menkeu juga ungkapkan ada defisit anggaran yang terjadi pada Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 5,7%.

“APBN #uangkita akan terus menjaga dan dijaga untuk melindungi rakyat dan Indonesia dengan akuntabel dan tata kelola yang baik dan hati-hati,” tulis Menkeu pada akun Instragram pribadinya @smindrawati.

Perlu diketahui, nilai alokasi anggaran PEN yang diungkapkan oleh Menkeu mengalami peningkatan dari perkiraan penambahan yang pernah ia sampaikan beberapa waktu lalu, yaitu Rp 619 triliun.

Dirinya pun merncikan apa-apa saja yang terdapat dalam alokasi anggaran PEN yang mencapai Rp 627 triliun tersebut. Bidang kesehatan sebesar Rp 133,07 triliun.

Selain itu ada program prioritas senilai Rp 141,36 triliun, perlindungan sosial Rp 148,66 triliun, insentif usaha Rp 47,27 triliun dan dukungan pembiayaan UMKM 157,57 triliun.


Photo Credit: Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA/Akbar Nugroho

 

Edo W.

close