WHO: Anak Lima Tahun ke Bawah Tidak Diharuskan Pakai Masker

"Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker mengacu keselamatan dan kepentingan anak,"

WHO: Anak Lima Tahun ke Bawah Tidak Diharuskan Pakai Masker


Telegraf – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan anak-anak usia 12 tahun ke atas harus memakai masker, layaknya orang dewasa, untuk membantu menekan pandemi Covid-19. Sementara anak-anak berusia enam hingga 11 tahun memakai masker berdasarkan tingkat risiko.

“Anak-anak berusia 12 tahun ke atas sebaiknya mengenakan masker ketika jarak satu meter dari orang lain tidak menjamin infeksi dan ada penularan meluas di daerah tersebut,” kata WHO dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dalam dokumen di situs WHO tertanggal 21 Agustus.

Namun penggunaan masker pada anak-anak berusia enam hingga 11 tahun tergantung sejumlah faktor, seperti intensitas penularan di daerah tersebut, kemampuan menggunakan masker, akses ke masker dan pengawasan orang dewasa yang memadai.

WHO dan UNICEF juga menyebut, faktor penting yang berperan adalah dampak perkembangan psiko-sosial, dan interaksi anak dengan orang-orang berisiko tinggi.

“Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker mengacu keselamatan dan kepentingan anak,” kata WHO dan UNICEF.

Studi menunjukkan anak-anak yang cenderung menginjak dewasa memainkan peran aktif dalam penularan virus corona daripada anak-anak kecil. Namun WHO dan UNICEF menambahkan diperlukan lebih banyak data untuk lebih memahami peran anak-anak dan remaja dalam penularan virus, yang menyebabkan Covid-19.

WHO pertama kali menyarankan orang memakai masker di depan umum pada 5 Juni 2020 untuk mengurangi penyebaran penyakit. Namun belum mengeluarkan pedoman khusus untuk anak-anak.

Lebih 23 juta orang dilaporkan terinfeksi virus corona di dunia sejak pertama kali diidentifikasi di Tiongkok Desember tahun lalu. Covid-19 juga telah menawaskan 798.997 orang, menurut penghitungan Reuters.


 

Didik Fitrianto

close