Untuk Tandingi Juke dan HR-V, Kia Akan Luncurkan Stonic

Untuk Tandingi Juke dan HR-V, Kia Akan Luncurkan Stonic

"Stonic akan menggunakan mesin 1.400 cc T- GDI, sedangkan pada tipe tertinggi akan dibekali mesin 1.600 cc T- GDI turbo. Untuk Eropa, juga terdapat varian bermesin 1.600 cc CRDi (diesel)."

Untuk Tandingi Juke dan HR-V, Kia Akan Luncurkan Stonic


Telegraf, Jakarta – Kia Motors tampaknya membutuhkan lebih banyak kendaraan beraroma sport di tahun ini. Hal tersebut, setelah produsen otomotif asal Korea Selatan itu melihat meledaknya permintaan mobil dalam segmen crossover dalam tiga tahun ke belakang.

Apalagi, Hyundai Motor Group yang meliputi Kia Motors sudah menyaksikan bahwa penjualan mulai terkikis atas produk mobil berdimensi kecil.

Dengan demikian, dua group tersebut memulai langkah dengan melakukan penghematan, serta mengalokasikan dana untuk proyek kendaraan baru. Mereka ingin agar proyek kendaraan barunya dapat mengembalikan konsumen mobil hasil produksinya.

Dalam laporannya, TTAC memberitakan bahwa Kia akan segera meluncurkan kendaraan berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dalam format kompak. Mobil tersebut, nantinya akan dipasarkan, baik di Eropa dan juga Korea Selatan akhir tahun ini. Menurut perusahaan, mobil tersebut akan hadir dengan model subkompak dengan basis dari pendahulunya, Kia Rio.

Diyakini, mobil tersebut ialah Kia Stonic karena sesuai dengan nama pertama yang diajukan sebagai merek dagang. Jika benar, Stonic dipastikan akan bersaing dengan para kompetitornya yang terlebih dulu mengenalkan produk dalam segmen tersebut, yakni Nissan Juke dan Honda HR-V.

Sementara, walau berbeda dalam bentuk, Stonic secara garis besar akan menggunakan mesin milik Kia Soul dan Niro Hybrid. Kanibalisasi harus diminimalkan dengan styling dari masing-masing mobil tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Stonic akan menggunakan mesin 1.400 cc T- GDI, sedangkan pada tipe tertinggi akan dibekali mesin 1.600 cc T- GDI turbo. Untuk Eropa, juga terdapat varian bermesin 1.600 cc CRDi (diesel).

Debut pertamanya, Kia mulai akan memperkenalkan Stonic di pameran otomotif Frankfurt Motor Show, pada September mendatang. Secara garis besar, Stonic hadir dengan membawa kemiripan dari dua saudaranya Niro dan KX3.

Meski begitu, hingga kini Kia belum mengkonfirmasi terkait pengenalan Stonic pada ajang yang akan diselenggarakan di Amerika Utara itu. Meski, sumber dari beberapa media sudah mengklaim jika Stonic pasti akan hadir di sana. (Red)

Ilustrasi : Motor1


KBI Telegraf

close