Trump Batalkan Kunjungan Ketua DPR AS ke Afghanistan

“Membuat surat tertulis dan membatalkan perjalanan udara militer Pelosi akan menjadi respon ideal,”

Trump Batalkan Kunjungan Ketua DPR AS ke Afghanistan

Telegraf, Washington – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengeluarkan perintah untuk membtalkan kunjungan Ketua DPR, Nancy Pelosi, ke Afghanistan, dengan menggunakan pesawat militer.

Pelosi dijadwalkan mengunjungi pasukan militer AS di Afghanistan selama tujuh hari, pada akhir Januari 2019.
Gedung Putih, Kamis (17/01/19), merilis surat Presiden Trump kepada Pelosi yang hanya berselang satu hari pascapermintaan Pelosi agar Trump menunda pidato kenegaraan tahunannya pada pekan depan, terkait dengan kurangnya jaminan keamanan akibat penutupan sementara operasional pemerintahan AS.

Dalam surat tersebut, Trump juga menggunakan alasan penutupan pemerintahan AS, sebagai pertimbangan untuk menunda perjalanan Pelosi ke Afghanistan, yang dijadwalkan singgah di Brussels, Belgia dan Mesir.

“Karena penutupan pemerintahan, saya minta maaf untuk membertahu Anda bahwa perjalanan Anda ke Brussels, Mesir dan Afghanistan telah ditunda. Kami akan menjadwalkan ulang perjalanan tujuh hari ini ketika penutupan (pemerintahan, Red) selesai,” kata Trump, dalam suratnya kepada Pelosi, yang dirilis Gedung Putih, Kamis.

Sebagai jalan keluar, Trump menyarankan Pelosi untuk menggunakan pesawat komersial, jika ingin tetap melakukan agenda kunjungan ke barak militer AS di Afghanistan, yang dikenal sebagai salah satu zona tempur AS yang aktif.
“Jelas jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan penerbangan komersial, itu tentu akan menjadi hak prerogatif Anda,” tulis Trump.

Trump juga menggunakan surat itu untuk menusuk Pelosi terkait dengan beberapa waktu yang dihabiskannya di luar Washington selama penutupan, dengan mengatakan bahwa, “akan lebih baik jika Anda berada di Washington bernegosiasi dengan saya dan bergabung dengan gerakan Keamanan Perbatasan Kuat untuk mengakhiri penutupan.”

Sumber di Gedung Putih mengatakan, para pejabat termasuk Kepalaa Staf Gedung Putih, Mick Mulvaney, mulai membahas penundaan perjalanan Pelosi ke Afghanistan dengan menggunakan pesawat militer, pada Kamis pagi waktu setempat.

Baca Juga  Nicolas Maduro: Pemerintahan Trump “Gerombolan Ekstremis”

Trump dikabarkan gusar dengan surat Pelosi yang memintanya menuda pidato kenegaraan karena alasan keamanan, sehingga meminta para pejabat untuk merespon tindakan Pelosi tersebut.

“Membuat surat tertulis dan membatalkan perjalanan udara militer Pelosi akan menjadi respon ideal,” ujar sumber yang menolak disebut namanya.

Pengamat menilai penundaan perjalanan Pelosi dengan menggunakan pesawat militer merupakan aksi balasan Trump terhadap surat Pelosi yang memintanya menunda pidato kenegaraan. Hal itu, terlihat dari isi surat Trump yang sama sekali tidak menyinggung soal penjadwalan ulang pidato kenegaraanya di hadapan Kongres AS yang telas disarankan Pelosi untuk ditunda. (Red)


Photo Credit : Presiden AS Donald Trump. Reuters

 

Share



Komentar Anda