Tidur Barengan Dengan Ponsel, Apa Risikonya Bagi Kesehatan?

"Ini penyebab tubuh mencegah produksi melatonin. Zat tersebut berperan untuk mengatur tidur dan memungkinkan Anda dapat beristirahat dengan nyaman kemudian terbangun dalam keadaan segar."

Tidur Barengan Dengan Ponsel, Apa Risikonya Bagi Kesehatan?

Telegraf, Jakarta – Di era digitalisasi seperti sekarang ini, ponsel menjadi kebutuhan utama sebagian besar orang. Bahkan, tak jarang kita menatap layer ponsel hingga larut malam dan tanpa sadar tertidur sambil tetap memegang atau berada di dekat gawai ini.

Banyak pula yang sengaja menaruh ponsel dekat dengan tubuh untuk membantu mereka terjaga lebih mudah di pagi hari, karena alarm ponsel yang berbunyi dari dekat. Tapi tahukah Anda? Ternyata tidur berdekatan dengan ponsel bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Selain itu, waktu istirahat Anda di malam hari juga bisa terganggu.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa menggunakan ponsel tepat sebelum tidur cenderung menyebabkan masalah, seperti kesulitan untuk tidur. Hal tersebut karena apa yang Anda lihat di ponsel membuat otak terstimulasi, misalnya keinginan untuk menuis atau mengunggah sesuatu.

Jika menaruh ponsel di dekat tempat tidur maka memungkinkan Anda lebih mudah mudah mengecek email atau pesan masuk yang sebenarnya ditujukan untuk urusan pekerjaan. Lebih dari itu, melihat aktivitas dalam ponsel sebenarnya dapat meningkatkan perasaan tertekan, hingga mengakibatkan stres dan kesulitan untuk tidur pun terjadi.

Hal paling buruk dari menaruh ponsel di dekat tempat Anda tidur menurut penelitian ialah adanya blue light atau cahaya biru yang datang dari layar. Ini penyebab tubuh mencegah produksi melatonin. Zat tersebut berperan untuk mengatur tidur dan memungkinkan Anda dapat beristirahat dengan nyaman kemudian terbangun dalam keadaan segar.

Namun ketika Anda mentaap layer ponsel tepat sebelum tidur, maka benda tersebut memancarkan cahaya biru yang mencegah tubuh memproduksi melatonin. Sementara tanpa produksi melatonin, kemungkinan Anda akan mudah terbangun di tengah malam dan pada pagi harinya bangun dengan perasaan pusing.

Oleh karena itu, orang-orang direkomendasikan untuk meletakkan ponsel jauh dari tempat tidur sekitar satu jam sebelum waktunya beristirahat di malam hari. Ini bertujuan agar tubuh memiliki cukup waktu untuk mendapatkan hormon ini. Sebisa mungkin jangan letakkan ponsel di area sekitar tempat tidur atau di lokasi yang memungkinkan Anda masih bisa mendengar bunyi notifikasi dari gawai tersebut, sekalipun Anda mengatur bunyi dengan hanya mode getar.

Lantas, bagaimana dengan ponsel yang memang perlu digunakan sebagai alarm agar bisa bangun tepat waktu di pagi hari? Hal ini membuat Anda harus menyimpan ponsel di ruangan yang sama dengan tempat tidur., namun perlu diletakkan di area yang tak akan terjangkau oleh Anda saat tidur. Pilihan terbaik jika ingin kembali ke cara yang lebih lama, gunakan jam weker sebagai alarm. Tentu, ini semakin membuat Anda bisa melepas ketergantungan terhadap ponsel. (Red)


Photo Credit : Bermain telpon sambil tiduran. iStock



Komentar Anda