Tahun Baru Imlek, Anda Harus Kunjungi Tempat Menarik Ini

"Di negara-negara yang mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa, momen Imlek pun dijadikan masa liburan nasional yang cukup panjang. Hal itu tentunya dijadikan kesempatan juga oleh warga dari etnis lain di negara-negara tersebut, untuk menikmati liburan."

Tahun Baru Imlek, Anda Harus Kunjungi Tempat Menarik Ini


Telegraf, Jakarta – Perayaan tahun baru imlek harus diakui sebagai salah satu gelaran budaya sekaligus pesta terbesar di dunia. Sama seperti Idulfitri bagi umat Muslim dan Natal untuk umat Kristiani, Imlek pun menjadi momen terpenting untuk mudik bagi para etnis Tionghoa di seluruh dunia.

Di negara-negara yang mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa, momen Imlek pun dijadikan masa liburan nasional yang cukup panjang. Hal itu tentunya dijadikan kesempatan juga oleh warga dari etnis lain di negara-negara tersebut, untuk menikmati liburan.

Tak heran jika selama momen Imlek, pergerakan atau migrasi massa di seluruh dunia meningkat tajam. Bahkan orang-orang kulit putih sekalipun sengaja mengambil cuti agar dapat berlibur dan menikmati suasana Imlek di lokasi tertentu.

Sebagai tanah leluhur etnis Tionghoa, China jelas menjadi lokasi perayaan Imlek terbesar, termegah dan termeriah di seluruh belahan bumi. Namun ada beberapa kota tertentu di Tiongkok yang dikenal sebagai lokasi perayaan Imlek yang paling menarik untuk dikunjungi oleh wisawatan.

Berikut adalah kota-kota di China yang menjadi tujuan wisata paling menarik saat Imlek:

Hasil gambar untuk chinese new year in beijing

Beijing

Di ibukota China ini, berbagai karakter unik dan menarik saat Imlek, bisa ditemui hampir di seluruh taman kota. Begitu pula kuil-kuil bersejarah yang semakin mengundang perhatian berkat dekorasi dan pernak-pernik khusus Imlek yang dipasang. Di kota ini, wisatawan juga bisa menikmati suasana perayaan Imlek ala kekaisaran berkat keberadaan beberapa istana penting. Objek lain yang menarik di Beijing saat Imlek adalah tembok besar, Kota Terlarang, Tiananmen Square, Istana Musim Panas (Summer Palace), Kuil Surga (Temple of Heaven), Makam Kaisar Ming, Kuil Yonghe dan Hutong.

Hasil gambar untuk chinese new year in beijing

Xian

Dengan sejarahnya yang panjang, Kota Xian selalu mengundang perhatian dunia saat perayaan Imlek. Di kota ini, benteng-benteng dan gapura sudah didekorasi dengan berbagai jenis lentera tradisional, jauh sebelum musim libur Imlek tiba. Dekorasi lentera Imlek di Xian biasanya memadukan elemen tradisional dan teknologi modern sehingga selalu membuat para wisatawan terkesan. Objek menarik lain yang bisa dikunjungi di Xian adalah museum tentara Terracotta, bell tower, komunitas muslim Shaanxi, museum Shaanxi, Pagoda Angsa Raksasa, Qin Shi Mausoleum, Bukit Huashan, Kuil Famen dan Yangling Mausoleum dari Dinasi Han.

Baca Juga :   Sederet Desainer Perempuan Indonesia yang Berhasil Menggebrak Dunia Fesyen Internasional

Harbin

Kekhasan perayaan Imlek di Kota Harbin adalah suasananya yang hampir selalu diselimuti salju.

Hasil gambar untuk chinese new year in harbin

Pingyao

Kota Pingyao dikenal sebagai kota yang paling banyak menampilkan lentera saat Imlek. Tak hanya di rumah, kuil atau bangunan lain, lentera merah bisa ditemui hampir di semua sudut kota ini saat Imlek.Sebagai salah satu kota tertua di Tiongkok, Pingyao pun memiliki sejumlah objek bersejarah yang menarik dikunjungi seperti Kota Tua Pingyao, Benteng Kota Pingyao, Kantor Pemerintahan Kuno Pingyao, Kuil Zhengzuo, Kuil Shuanglin, Kuil Dewa Kota, Pemukiman Keluarga Qiao dan lain-lain.

Hasil gambar untuk chinese new year in ghuangzou

Guangzhou

Guangzhou dikenal sebagai “Kota Kembang” China. Setiap perayaan Imlek, kota ini pun menggelar festival bunga yang selalu menyedot perhatian dunia, karena hampir semua jalanan dan gang dihiasai berbagai jenis bunga dan bonsai. Selain itu ada sejumlah objek menarik yang bisa dikunjungi di kota ini seperti menara Kanton, Kuil Leluhur Keluarga Chen, Sun Yat-sen Memorial Hall, Taman Yuexiu, Gunung Awan Putih, Chimelong Resort, Sungai Mutiara dan lain-lain. (Red)


Photo Credit : Perayaan tahun baru imlek harus diakui sebagai salah satu gelaran budaya sekaligus pesta terbesar di dunia. Getty Imges

KBI Telegraf

close