Positif Covid-19, Achmad Purnomo Sempat Bertemu Jokowi

"Bapak presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab. Untuk khusus hal wakil wali kota Solo, saya rasa bapak presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar wakil wali kota Solo positif,"

Positif Covid-19, Achmad Purnomo Sempat Bertemu Jokowi

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19. Ternyata, Purnomo sempat bertemu dengan Presiden Jokowi sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Purnomo diketahui positif Covid-19 pada Jumat (24/07/20) setelah menjalani swab test pada akhir pekan lalu. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, membenarkan informasi Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif Covid-19.

Purnomo sempat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana, pekan lalu. Akibat kontak erat dengan pasien Covid-19, Jokowi akan menjalani tes swab lebih cepat dari jadwal rutinnya.

“Bapak presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab. Untuk khusus hal wakil wali kota Solo, saya rasa bapak presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar wakil wali kota Solo positif,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Heru menjelaskan Istana telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Terutama kepada para tamu yang hendak bertemu dengan Jokowi. Bahkan tamu yang akan bertemu presiden harus menjalai rapid test lebih dulu.

“Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan bapak presiden,” tutur Heru.

Di sisi lain, Purnomo akan menjalani isolasi di rumah mulai kemarin sore. “Saya merasa sehat sekali. enada keluhan,” kata Purnomo.

Purnomo mengaku menjalani tes swab dua kali pada Jumat (17/07/20) dan Sabtu (18/07/20) lalu dengan didatangi petugas di kediamannya.


Photo Credit: Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Achmad Purnomo. ANTARA

Shan Santi