Pingin Jadi Capres 2024, Giring: Berikan Saya Kesempatan

“Pelan-pelan saya sadar jika politik jatuh ke tangan yang benar akan bawa manfaat bagi orang, buat hidup jutaan orang lebih baik dan bahagia. Saya paham, banyak generasi muda yang tidak percaya politik karena diabaikan dan ditinggalkan, jadi politik tidak menarik,”

Pingin Jadi Capres 2024, Giring: Berikan Saya Kesempatan

Telegraf – Baru saja ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI), Giring Ganesha menyatakan kesiapannya maju sebagai bakal calon presiden RI 2024. Dia menyatakan niatnya itu lewat konferensi pers virtual pada Senin (24/08/2020) lalu.

“Pencalonan ini berangkat dari keinginan melibatkan diri dalam politik nasional, untuk ikut menentukan arah masa depan Indonesia,” katanya.

Kesiapannya itu juga didukung oleh munculnya foto Giring Ganesha yang mengenakan kemeja putih lengkap dengan kopiah serta tulisan “Giring untuk Presiden 2024” pada sejumlah billboard. Salah satunya terlihat di Jalan Cihampelas, Bandung.

Mantan vokalis grup musik Nidji ini juga membagi alasan dan cerita soal niatnya menjadi presiden lewat channel PSI di Youtube. Dalam video berdurasi sekitar sembilan menit itu, Giring Ganesha menyatakan perjalanannya tidak akan mudah.

“Kita boleh saja benci politik. Tapi suka atau tidak, banyak keputusan penting terkait diri kita diambil lewat sistem politik,” ungkapnya.

Giring memberanikan diri untuk jadi bakal calon presiden karena dia percaya anak muda harusnya turun dan terlibat dalam dunia politik.

“Saya percaya anak muda harus melibatkan diri lebih lagi dalam politik. Ini cara agar suara kita didengar, diperhitungkan, dan menentukan masa depan yang kita inginkan,” tegasnya.

Ketertarikan Giring Ganesha dalam dunia politik tidak lepas dari pengalaman pribadinya terkait bencana banjir yang kerap melanda lingkungannya dari tahun ke tahun. Pada 2015, ungkap Giring Ganesha, lingkungannya tidak lagi kebanjiran. Dia juga melihat ada perubahan di Kota Jakarta seiring kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yang sekarang menjadi Presiden ke-7 Republik Indonesia.

“Pelan-pelan saya sadar jika politik jatuh ke tangan yang benar akan bawa manfaat bagi orang, buat hidup jutaan orang lebih baik dan bahagia. Saya paham, banyak generasi muda yang tidak percaya politik karena diabaikan dan ditinggalkan, jadi politik tidak menarik,” imbuhnya.

Menghadapi kondisi itu, Giring Ganesha secara sadar melibatkan dirinya ke dalam dunia politik. “Agar politik jangan jatuh ke tangan orang yang salah, yang tidak mengerti kebutuhan, aspirasi dan kepentingan kita kaum muda,” ungkap Giring Ganesha seraya menambahkan korban terbesar dari kegagalan politik adalah anak-anak muda karena mereka memiliki masa hidup yang lebih panjang.

Baca Juga :   Kepengurusan Berkarya Jatuh ke Muchdi PR, Yasonna Siap Hadapi Gugatan Tommy

Saat konferensi pers virtual itu, Giring Ganesha membayangkan Indonesia yang tidak lagi menjadi konsumen namun juga produsen. Ia ingin membangun ekonomi tidak lagi mengandalkan sumber daya alam, namun ekonomi yang produktif dan kreatif yang memberikan nilai tambah.

“Ekonomi kreatif dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan karena ide dan kreativitas tidak gampang ditiru dengan mudah dan cepat. Sumber ekonomi kreatif juga tak akan habis, berbeda dengan sumber daya alam seperti minyak bumi,” tuturnya.

Giring sempat bertarung dalam pemilihan calon legislatif 2019 lalu untuk maju ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Dia mendapatkan 47.069 suara. Namun raihan suara itu gagal menggiringnya ke kursi DPR karena raihan suara PSI secara nasional sebesar 2.650.361 suara atau setara 1,89 persen saja dari ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Saat ini Giring bertanggung jawab untuk memverifikasi dan memberikan surat dukungan kepada para calon kepala daerah yang bakal bertarung di Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020. Dia mengisi posisi Grace Natalie yang saat ini fokus menyelesaikan studi S2 di Lee Kuan Ywe School of Public Polity, National University of Singapore.

“Saya, Giring Ganesha, akan mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia di 2024. Izinkan dan beri kesempatan kepada saya untuk melayani seluruh rakyat. Saya percaya kita akan bangkit berdiri untuk Indonesia yang semakin jaya,” pungkasnya.


Photo Credit: Giring Ganesha/Instagram @giring

 

A. Chandra S.