PDIP: Pramuka Pelopor Kaderisasi Pemimpin Muda Bangsa

PDIP: Pramuka Pelopor Kaderisasi Pemimpin Muda Bangsa

"Pramuka yang memiliki arti Jiwa Muda yang suka berkarya dikenal memiliki peran penting dan hadir sebagai pelopor kaderisasi kepemimpinan generasi muda Indonesia,"

PDIP: Pramuka Pelopor Kaderisasi Pemimpin Muda Bangsa

Telegraf – Dalam rangka memperingati hari Pramuka, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto mengucapkan Selamat Hari Pramuka yang jatuh pada hari ini Sabtu 14 Agustus 2021.

Pesan utama yang disampaikan oleh PDI Perjuangan dalam peringatan Hari Pramuka 2021 adalah “Pendidikan Pramuka Kedepankan Budi Pekerti, Perkuat Rasa Cinta Tanah Air”.

Hasto menyatakan Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia sangatlah penting guna menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme.

“Pramuka yang memiliki arti Jiwa Muda yang suka berkarya dikenal memiliki peran penting dan hadir sebagai pelopor kaderisasi kepemimpinan generasi muda Indonesia,” kata Hasto melalui keterangan resminya, Sabtu (14/08/2021).

Hasto menyadari bahwa seluruh pengalaman kepemimpinan selama ini berkat gemblengan Pramuka sejak kecil.

“Pada tahun 1981, saya mewakili SMP Negeri Gentan Yogyakarta, dan terpilih sebagai peserta Jambore Nasional 1981 di Cibubur dan sekaligus Jambore Asia Pasifik. Saya pun masih hafal menyanyikan Hymne Pramuka,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan di Pramuka sangat luar biasa. Bagi dirinya pribadi, di Pramuka ia dilatih kesetiakawanan ketrampilan khusus, solidaritas sesama manusia tanpa membeda-bedakan suku, agama, status sosial dan gender.

“Pendidikan Pramuka luar biasa. Pelatihan agar mandiri, membangun karakter positif, team building, dan pendidikan budi pekerti dikedepankan. Kesemuanya disampaikan dengan penuh kegembiraan, dan dilakukan di alam terbuka,” terangnya.

“PDI Perjuangan berharap agar Dasa Dharma Pramuka dan Trisatya dapat diamalkan dengan sebaik-baiknya, dan Pramuka benar-benar menjadi gerakan kepanduan bagi pembentukan karakter generasi muda Indonesia,” pungkasnya.


Photo Credit: Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. ANTARA

 

Indra Christianto

close