Mercedes Pullman Maybach S600, Mobil Premium Untuk Raja Salman

"Mobil ini memiliki sisi bodi yang terbuat dari baja dan jendela kaca yang mampu menahan peluru baja, terutama saat ditembakkan dari senapan serbu. Kaca jendela dilapisi polycarbonate dengan ketebalan yang sudah disesuaikan. "

Mercedes Pullman Maybach S600, Mobil  Premium Untuk Raja Salman


Telegraf, Jakarta – Kedatangan Raja Arab Saudi, 1 Maret 2017, cukup menghebohkan bagi Indonesia. Tidak hanya jumlah rombongan yang mencapai 1500-an yang terdiri dari para menteri, pangeran dan kerabat raja, juga jet pribadi dengan interior super mewah, tangga pesawat khusus serta empat unit mobil Mercedes Benz S600 Pullman Guard Seri Maybach, sedan premium mewah yang dibawa dari negaranya.

Mercy S600 memiliki banyak keistimewaan yang disematkan oleh produsen asal Jerman itu ke dalam mobilnya. Salah satu yang ditonjolkan ialah kelengkapan fitur keamanan selayaknya kendaraan tempur, meski merupakan kendaraan sipil. Mercedes-Maybach S600 Guard sudah produksi pada 2014 lalu. Sejak pertama diluncurkan mobil ini diklaim sebagai mobil penumpang pertama dengan tingkat perlindungan tertinggi. Bahkan, menjadi kendaraan pertama yang disertifikasi dengan VR10 tingkat perlindungan tertinggi balistik untuk kendaraan non militer.


Hasil gambar untuk Mercedez Benz S class


Mobil ini memiliki sisi bodi yang terbuat dari baja dan jendela kaca yang mampu menahan peluru baja, terutama saat ditembakkan dari senapan serbu. Kaca jendela dilapisi polycarbonate dengan ketebalan yang sudah disesuaikan. Perpaduan antar semua komponen itu menjadikan penumpang aman, tidak hanya mencakup perlindungan balistik tetapi juga terhadap bahan peledak.


Hasil gambar untuk Mercedez Benz S class


Mercy S600 Maybach memiliki sertifikat ERV 2010 (kendaraan tahan ledakan), sertifikat pengakuan mobil yang aman saat terjadinya ledakan. Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan mobil tetap berjalan meskipun tengah diserang dan mampu keluar dari zona bahaya. Tameng di bawah bodi pada mobil ini juga tahan ledakan dan memungkinkan penumpangnya aman. Mercedes-Maybach S600 Guard sudah mulai dikenal sekitar tahun 2014. Sejak pertama diluncurkan mobil ini diklaim sebagai mobil penumpang pertama dengan tingkat perlindungan tertinggi. Bahkan, menjadi kendaraan pertama yang disertifikasi dengan VR10 tingkat perlindungan tertinggi balistik untuk kendaraan non militer.


Hasil gambar untuk Mercedez Benz S class


Mobil ini memiliki panjangnya sekitar 6,3 meter dengan wheelbase 4.315 mm atau sekitar 1.150 mm lebih panjang dari bodi tipe S-Class long wheel base. Interiornya dalamnya terdiri dari dua kursi depan dan secara terpisah empat kursi di bagian belakangnya, dengan posisi dua baris kursi yang saling berhadapan. Selain kuat secara keseluruhan, Mercedes juga memberi banyak kenyamanan saat penumpang memasuki kabin. Kabin terasa lebih luas, karena memiliki panjang 5.453 mm.

S600 Guard mengusung mesin V12 twin-turbo dengan kapasitas 5.980 cc, transmisi otomatis 7G-Tronic yang mampu menghasilkan 530 hp (tenaga kuda) dengan torsi puncak 830 Nm pada putaran 1.900 rpm. Kecepatan maksimal yang dibatasi secara elektrik mencapai 160 kpj (kilometer per jam). Untuk dapat membawanya bermanufer, mobil ini didukung suspensi udara airmatic, serta Electronic Stability Program (ESP) dan Anti Slip Regulation (ASR). Pihak Mercedes juga menyediakan ban run-flat Michelin PAX dengan tambahan sistem monitor tekanan. Ban mampu menempuh jarak hingga 30,5 km. Soal harga, Mobuil ini tidak dibanderol secara umum, khusus hanya melayani permintaan saja. (Red)

Photo credit : Mercedez Benz


KBI Telegraf

close