Mercedes Benz Mulai Bidik Segmen Pasar Anak Muda

“Banyak bisnis baru yang dipimpin oleh anak-anak muda. Ini memungkinkan mereka menjadi pasar baru Mercedes. Anak-anak baru ini menjadi target segmen kita,”

Mercedes Benz Mulai Bidik Segmen Pasar Anak Muda

Telegraf, Jakarta – Kalau para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) seperti Toyota, Suzuki, Daihatsu dan Honda meluncurkan mobil murah atau yang dikenal dengan Low Cost Green Cost (LCGC), Mercedes Benz, salah satu mobil premium yang paling diminati di pasar nasional juga membuat mobil entry level versi mercy yakni NGCC atau New Generation Compact Car. Rencananya, melalui PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI), Mercy akan meluncurkan poduk mobil kompak yang diminati konsumen, terutama para kawula muda mapan.

Menurut Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication MBDI, selama ini Mercy ini membidik kalangan atas sebagai konsumennya dan kalangan berumur yang sudah mapan. Nah, munculnya bebebrapa bisnis baru yang sukses dikelola anak-anak muda, MBDI melihat peluang dengan meluncurkan produk NGCC yang sesuai dengan kemapuan dan karakter mereka. “Banyak bisnis baru yang dipimpin oleh anak-anak muda. Ini memungkinkan mereka menjadi pasar baru Mercedes. Anak-anak baru ini menjadi target segmen kita,” kata Hari di pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/1/2017).

Di segmen NGCC, Mercy akan menawarkan produk dengan harga relatif terjangkau namun memiliki kualitas standar Mercy. NGCC memiliki line up cukup komplit, mulai A-Class, sporty coupe CLA dan SUV GLA. Harga mobil tersebut mulai dari Rp 589 juta (off the road) yang mewakili SUV entry level. Harga ini lebih murah dari harga entry level Mercy yang seharga Rp 800 jutaan. Selain harga, produk NGCC didesain lebih sporty, mesin yang digunakan lebih kecil serta irit bahan bakar. “Model NGCC lebih agresif, sporty dan compact. Menggunakan mesin 1.600 cc dengan penggerak roda depan jadi irit bahan bakar. Karakter Mercedes-nya terlihat, sehingga tetap mencerminkan mobil berkelas,” tambah Hari.

Melalui NCGC Mercedes-Benz telah menciptakan standar terbaru yaitu desain yang stylish dan teknologi yang inovatif. Di Indonesia, Mercedes-Benz Indonesia menyediakan kendaraan khusus untuk kawula muda, sudah dimulai sejak 2013 lalu dengan meluncurkan Mercy A-Class dengan memakai dua pilihan mesin, yaitu A 200 Urban dengan 1.595 cc dan A 250 Sport dengan kapasitas 1.991 cc.

Pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 lalu, animo konsumen khususnya anak-anak muda cukup tinggi. Produk terbaru Mercy New Generation CLA laris diserbu yang sebagian besar adalah kawula muda. Saat, model CLA yang ditampilkan adalah model setengah coupe yang kental dengan nuansa mobil sport. Tahun lalu total kontribusi segmen NGCC dari total penjualan MBDI mencapai 20 persen. (Red)


Tanggapi Artikel