Memaslahatkan Umat Melalui Wakaf Saham

Memaslahatkan Umat Melalui Wakaf Saham

"Dua sekuritas yang sudah terjamin terdaftar sebagai perusahaan Anggota Bursa Shariah Online Trading System (AB SOTS) yakni sistem transaksi saham syariah secara online yang memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal"

Memaslahatkan Umat Melalui Wakaf Saham


Telegraf, Jakarta – Dalam rangka membantu sesama dan berbuat kebaikan, Dompet Dhuafa gandeng Philip Sekuritas serta Panin Sekuritas hadirkan wakaf saham.

Dua sekuritas tersebut dipilih karena sudah terdaftar sebagai anggota bursa shariah online trending sistem (AB SOTS) yaitu sistem saham syariah yang audah memenuhi perinsip perinsip dipasar modal.

“Dua sekuritas yang sudah terjamin terdaftar sebagai perusahaan Anggota Bursa Syariah Online Trading System (AB SOTS) yakni sistem transaksi saham syariah secara online yang memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal,” Bobby P Manullang sebagai GM Wakaf Dompet Dhuafa.

Bobby mengungkapkan peluncuran Wakaf Saham memiliki peran penting memajukan ekonomi syariah Indonesia. Selain itu wakaf saham dapat juga menjadi pilihan alternatif untuk investor bisa berbagi melalui instrumen saham,” terang Bobby.

Lanjut Bobby saham syariah (yang akan diwakafkan) disetor atau diserahkan ke lembaga pengelola investasi. Sementara keuntungannya berasal dari pengelolaan saham syariah akan disetor ke lembaga pengelola wakaf oleh pengelolaan invratasi dan pemanfaatan wakaf saham yang akan digunakan adalah hasil dividen atau pembagian laba dari pemegang saham.

“Dengan peluncuran wakaf saham maka pasar modal syariah tentu menjadi pasar modal yang tidak hanya menyediakan sarana untuk investasi di dunia saja tapi juga menyediakan sarana untuk amal jariyah dalam bekal kita di ke akhirat nanti, ” ucap Hasan Fauzi Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia

Hasan juga mengungkapkan potensi untuk pasar modal syariah ditambah juga dengan potensi wakaf produktif indonesia berdasarkan data pada tanggal 18 November 2019 jumlah saham syariah telah meningkat sebesar 76 % sejak 2011 , dari semula 237 saham menncapai 419 saham syariah atau berdominasi 63 % yang tercatat di BEI.

Hasan menutup kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan perwakafan di Indonesia. Melihat masyarakat masih banyak yang berpaham bahwa wakaf hanya masjid, makam dan madrasah, kini wakaf bisa melalui saham. (Red)


Photo Credit : Bobby P. Manullang sebagai GM Wakaf Dompet Dhuafa  dan Pani Sekuritas melakukan penandatanganan kerjasama wakaf saham di Jakarta  Jumat (22/11). FILE/DOK/IST. PHOTO

Atti K.

close