Mahfud MD Kecam Macron Terkait Kartun Nabi

Mahfud MD Kecam Macron Terkait Kartun Nabi

"(Presiden) Macron harus tahu bahwa agama Islam adalah agama rahmah, tapi pemeluk agama apa pun akan marah kalau agamanya dihina. Kalau tak paham itu berarti dia mengalami krisis gagal paham,"

Mahfud MD Kecam Macron Terkait Kartun Nabi


Telegraf – Indonesia mengecam sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron soal penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW.

Kecaman pemerintah terhadap sikap Macron disampaikan langsung kepada Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard.

Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam, ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah, di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Menanggapi kecaman pemerintah Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, Presiden Macron harus tahu jika Islam adalah agama yang penuh rahmat.

(Presiden) Macron harus tahu bahwa agama Islam adalah agama rahmah, tapi pemeluk agama apa pun akan marah kalau agamanya dihina. Kalau tak paham itu berarti dia mengalami krisis gagal paham, tulisnya di Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Rabu (28/10/2020).

Diketahui, sebelumnya Macron menggambarkan Islam sebagai agama dalam krisis. Dia juga mengumumkan rencana aturan yang lebih ketat dalam menangani yang disebut sebagai ‘sepratisme’ Islam di Prancis.

Pria kelahiran Amiens, Prancis, 42 tahun silam itu, juga mengecam pembunuhan terhadap seorang guru bernama Samuel Patty yang menunjukkan kartun Nabi Muhammad SAW kepada murid-muridnya di kelas sebagai bentuk kebebasan berekspresi.


Photo Credit: Menko Polhukam Mahfud MD. ANTARA

 

A. Chandra S.

close