Kursi Kosong Wagub, Anies: Belum Ada Nama Resmi Yang Diajukan

"Kenal, tapi berinteraksi belum pernah. Dengan semuanya yang disebut nama-nama itu saya belum ada yang berinteraksi,"

Kursi Kosong Wagub, Anies: Belum Ada Nama Resmi Yang Diajukan

Telegraf, Jakarta – Masih kosongnya jabatan Wakil Gubernur (Wagub) DKI, membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Gubernur DKI, Anies Baswedan untuk melakukan mediasi terhadap kedua partai pengusungnya sewaktu di Pilkada DKI, yaitu PKS dan Gerindra.

Anies mengakui terus melakukan komunikasi dengan kedua partai tersebut. Agar dapat mempercepat penentuan usulan dua nama calon wakil gubernur (cawagub) pengganti Sandiaga Uno.

“Saya nggak mau klaim (kerja) di balik layar. Tapi komunikasi jalan terus. Mediasi saya lakukan, tapi saya tidak terlibat didalamnya (proses pemilihan),” kata Anies di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (07/11/18).

Ketika ditanya apa saja yang dikomunikasikan dengan PKS dan Gerindra, Anies menegaskan tidak semua apa yang dilakukannya dapat disampaikan ke media.

“Masa saya mau cerita semuanya? Banyak yang sudah dikerjakan, yang menurut saya lebih baik untuk dilakukan tanpa harus woro-woro sana-sini, karena ini mencapai sesuatu yang bulat bukan yang lonjong,” ujarnya.

Terkait adanya Badan Bersama Fit and Proper Test yang dibentuk kedua partai politik tersebut, Anies mengatakan tidak akan turut campur. Ia menyerahkan semuanya itu kepada keputusan PKS dan Gerindra. “Biarlah itu berproses di partai saja,” terangnya.

Diakuinya hingga saat ini belum ada nama resmi yang diusulkan sebagai cawagub. Ia mengharapkan siapa pun yang terpilih nanti harus dapat menyesuaikan diri dengan visinya sebagai Gubernur DKI.

“Setahu saya belum ada nama resmi yang diajukan. Memang akan mengajukan dua nama karena perintah undang-undang. Tapi siapa dia, belum. Yang pasti, wakil harus ikut pada visi yang telah ditetapkan. Visi Gubernur harus sama dengan Wagub, karena ikut visi akan sejalan,” terangnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan sudah mengenal orang-orang yang namanya beredar sebagai usulan calon wagub DKI. Tapi Anies belum berinteraksi dengan nama-nama tersebut.

“Kenal, tapi berinteraksi belum pernah. Dengan semuanya yang disebut nama-nama itu saya belum ada yang berinteraksi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo meminta Anies memediasi kedua parpol tersebut untuk memastikan pengganti posisi wagub DKI.

Tjahjo menegaskan pihaknya tidak bisa mencampuri penentuan pengganti Sandiaga Uno sebagai wagub DKI. Kemendagri hanya bisa meminta Anies dan DPRD DKI untuk segera memproses pengisi posisi wagub DKI. (Red)


Photo Credit : Gubernur DKI, Anies Baswedan. AP Photo/Dita Alangkara

Share



Komentar Anda