Inilah Mobil Yang Dikecam Karena Membawa Isu Gender Pada Produksinya

Inilah Mobil Yang Dikecam Karena Membawa Isu Gender Pada Produksinya

Inilah Mobil Yang Dikecam Karena Membawa Isu Gender Pada Produksinya

Telegraf, Jakarta – Kolaborasi pabrikan mobil SEAT dan majalah gaya hidup Cosmopolitan menghadapi kecaman soal isu sensitif gender atas mobil baru mereka yang khususkan untuk “wanita” saat diluncurkan dalam Cosmopolitan FashFest di London, Jumat pekan lalu (30/9).

Hasil kolaborasi ini menghasilkan SEAT Mii yang muncul dengan efek perhiasan di velg mereka, gantungan tas di dalam kabin dan “eyeliner headlights” yang sangat disesuaikan dengan kebiasaan wanita melakukan make-up untuk garis mata.

Mobil yang didesain secara eksklusif dengan sentuhan feminis dan membutuhkan dua tahun dalam penelitian dari kolaborasi SEAT dan Cosmopolitan. Mobil ini dikatakan sangat sempurna untuk “berkaraoke” yang biasa dilakukan wanita di dalam mobil saat berjalan, mengganti baju saat terburu-buru, bergosip. Bahkan mampu menjadi sebuah tempat makan siang darurat.

Namun, kemunculan mobil ini disusul pula komentar-komentar satir yang menilai dan memperjelas garis stereotype gender dan ledekan dari dunia maya. Kecaman-kecaman itu menganggap, hadirnya mobil khusus ‘wanita’ ini membuat jarak yang sangat jelas antara lelaki dan wanita, saat wanita tengah berjuang soal kesetaraan dengan kaum pria.

SEAT merespon bahwa desain dan kemunculan mobil ini berdasarkan dari para pembaca Cosmopolitan, daripada mewakili gender secara keseluruhan.

“Mii bukan mobil yang diperuntukan bagi seluruh wanita di dunia ini. Hasil ini adalah dari penelitian dua tahun yang melibatkan pembaca, editor dan tim kreatif majalah, untuk mengembangkan produk dengan target yang spesifik. Kami menyesalkan adanya kesalahpahaman atas hal ini.” (Ist)

 

Foto : Mobil Seat Mii yang di isukan dengan urusan gender dalam produksinya. | Official SEAT

KBI Telegraf

close