Diamnya Ma’ruf Amin Jadi Perbincangan Warganet

Diamnya Ma’ruf Amin Jadi Perbincangan Warganet


Telegraf, Jakarta – Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin lebih banyak disorot para warganet dibandingkan lawannya Sandiaga Uno karena dia lebih banyak berdiam diri dalam debat perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, Kamis (17/01/19) malam.

Debat tersebut memang didominasi dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto, Sandiaga juga hanya bicara seperlunya melengkapi pernyataan Prabowo, tetapi keberadaan Ma’ruf di ruangan itu lebih sering dibuktikan dengan mengambil amplop pertanyaan daripada mengutarakan pendapatnya lewat suara.

Saat tiba di lokasi debat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Ma’ruf memang mengatakan dia akan lebih sering mengiyakan argumen Jokowi saja, dan persis seperti itulah yang dilakukannya.

Ini pak Ma’ruf Amien pas kuliah pasti kalo kerja kelompok dikasih tugas nge-print. Dari tadi gak ada partisipasinya!” kata pemilik akun Twitter @Nelangsa_.

Masih mencari tahu fungsi Pak KH. Ma’ruf Amin disamping jokowi,” tulis pemilik akun Twitter @_ssadewa.

Setelah lebih dari 30 menit, barulah Ma’ruf bicara, tetapi itu pun terpotong oleh batas waktu yang ditetapkan.

Moderator Ira Koesno bahkan mengatakan “ini debat, bukan pidato”, untuk mengingatkan Ma’ruf agar lebih langsung ke inti pembicaraan.

Namun, ada juga yang berpendapat positif soal pasifnya Ma’ruf.

Mungkin Pak Kyai Maruf Amin diam karena motto hidupnya lebih baik diam daripada berdusta. Subhanallah,” tulis @Hazan_TM.

Usai debat, ketua Tim Kampanye Nasional Jkowi-Ma’ruf, Erick Thohir, juga memuji jawaban Ma’ruf soal isu terorisme yang menjadi tema perdebatan malam itu. (Red)


Photo Credit : Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma’ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, 17 Januari 2019. FILE/Dok/Ist. Photo

KBI Telegraf

close