Cina Kampanyekan Aturan Terkait Situs Berita dan Media Sosial

Cina Kampanyekan Aturan Terkait Situs Berita dan Media Sosial


Pengawas internet top Cina, Cyberspace Administration of China (CAC) akan meluncurkan kampanye baru untuk menindak akun media sosial (medsos) penyedia berita independen.

Dilansir dari Reuters, Jumat (24/07/20), CAC bakal menargetkan situs web komersial dan akun media sosial yang secara ilegal menulis dan mengedit item berita, dan mengunggah ulang artikel berita dari sumber yang tidak sesuai, kata CAC dalam sebuah pernyataan di situs web-nya.

Hal Itu juga akan berurusan dengan click bait stories, misinformasi, dan konten online sensasional lainnya. CAC mengatakan mereka juga akan mengatur forum online dan ujaran langsung, serta mendorong situs media untuk menyebarkan lebih banyak energi positif.

Peraturan sensor online Cina telah diperketat dalam beberapa tahun terakhir dengan Undang-Undang baru untuk membatasi outlet media, langkah-langkah pengawasan untuk situs media dan kampanye bergulir guna menghapus konten yang dianggap tidak dapat diterima.

Pada Juni lalu, CAC menghukum beberapa platform streaming langsung dan video terkemuka di negara itu karena menyebarkan konten ‘low taste’, menegur wanita yang mengenakan pakaian terlalu rendah, dan pria yang menari tidak senonoh serta menggunakan bahasa kotor.


Photo: SCMP/XINHUA

Yuan Adriles

close