BCA Berikan Pelatihan Gratis Pada 10.000 Guru di Indonesia Timur

"Kami melihat kualitas guru di Indonesia Timur jauh tertinggal dengan daerah lainnya. Padahal guru adalah ujung tombak untuk menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni ke depannya. Untuk itu BCA mencoba membantu membenahi kualitas guru dahulu,”

BCA Berikan Pelatihan Gratis Pada 10.000 Guru di Indonesia Timur


Telegraf – Memperingati Hari Guru Nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui Bakti BCA berencana memberikan pelatihan virtual bagi 10.000 guru di wilayah Indonesia Timur. Pelatihan virtual yang dimulai pada 3Desember 2020 terdiri dari rangkaian kegiatan inspiratif bagi tenaga pendidik tingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Indonesia Timur.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan tema yang diangkat dalam pelatihan untuk guru ini adalah “Majulah Tenaga Pendidik Indonesia Timur”. Targetnya adalah menyasar 500 sekolah dari kawasan Indonesia Timur.

Dalam pelatihan para guru mendapatkan materi dari Edukator dan Fisikawan Prof Yohanes Surya, dengan tema paparan transformasi pendidikan Indonesia Timur, dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Bahasa Unika Atmajaya Dr Luciana yang memaparkan tentang menciptakan pembelajaran adaptif dan berdampak.

“Kami melihat kualitas guru di Indonesia Timur jauh tertinggal dengan daerah lainnya. Padahal guru adalah ujung tombak untuk menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni ke depannya. Untuk itu BCA mencoba membantu membenahi kualitas guru dahulu,” kata Inge dalam jumpa pers virtual, di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Selain webinar, lanjut Inge, Bakti BCA juga mengadakan lomba menulis dengan tema “Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi”. Kemudian, pada puncak apresiasi Hari Guru Nasional akan dilaksanakan webinar dengan tajuk “Guru Inspiratif, Wujudkan Merdeka Belajar” pada Februari 2021.

“Tidak hanya para siswa, para guru pun harus beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, harus berubah menjadi menatap layar komputer atau telepon seluler. Tantangan para guru sekarang adalah menumbuhkan semangat siswa belajar jarak jauh,” terangnya.

Baca Juga :   MA Batalkan SKB 3 Menteri Tentang Seragam Sekolah

Ditambahkan Edukator dan Fisikawan Prof Yohanes Surya, guru-guru di Indonesia Timur sangat membutuhkan perhatian berbagai pihak. Berdasarkan pengalamannya, banyak potensi yang bisa digali dari para pelajar di wilayah tersebut apabila diasah dan diarahkan dengan baik. Terutama mengenai pelajaran matematika yang selama ini menjadi kelemahan para pelajar Indonesia Timur.

“Apabila diajarkan dengan cara menyenangkan dan baik, para pelajar ini juga memiliki potensi luar biasa. Untuk itulah sangat penting dalam memberikan pengembangn bagi para tenaga pendidik di wilayah Indonesia Timur,” kata Yohanes.


Photo Credit: Seorang guru di Papua sedang memberikan perhatian kepada para muridnya. FILE/DOK/Photo Ist

 

Edo W.

close