AS Tarik Dukungannya Pada Saudi Terkait Perang Yaman

AS Tarik Dukungannya Pada Saudi Terkait Perang Yaman

"Terlebih, saat ini Yaman sedang dilanda bencana kelaparan akibat konflik yang berkepanjangan hingga saat ini."

AS Tarik Dukungannya Pada Saudi Terkait Perang Yaman


Telegraf – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan bahwa AS akan menghentikan dukungan untuk operasi militer koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Biden menegaskan bahwa pihaknya akan segera menghentikan pemberian bantuan militer kepada Arab Saudi dalam peperangan di Yaman.

Hal tersebut dimaksudkan agar perang antar Arab Saudi dengan Iran dapat segera usai.

Dirinya pun saat ini telah menunjuk seorang diplomat AS, Timothy Lenderking untuk Yaman sebagai upaya meningkatkan diplomasi AS.

Hal ini tentunya bersebrangan dengan keputusan Donald Trump sebagai presiden sebelumnya yang membantu perlawanan Arab Saudi dalam memerangi pemberontak Houti di Yaman.

Diketahui, dalam enam tahun terakhir, setidaknya 110 ribu orang meninggal dunia akibat konflik di Yaman.

“Perang di Yaman harus diakhiri,” tegas Biden

Terlebih, saat ini Yaman sedang dilanda bencana kelaparan akibat konflik yang berkepanjangan hingga saat ini.

Adapun Biden sendiri mengumumkan kebijakan itu terkait dengan kebijakan luar negeri AS. Seperti peningkatan signifikan jumlah pengungsi yang diterima AS, serta pembatalan keputusan menarik pasukan AS dari Jerman, dimana mereka sempat ditempatkan sejak akhir perang dunia kedua.


Photo Credit: Pejuang Perlawanan Populer Selatan berkumpul di jalan selama pertempuran melawan pejuang Houthi di kota Aden, selatan Yaman pada 3 Mei 2015. REUTERS.

 

Didik Fitrianto

close