AS Akan Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Militer

AS Akan Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Militer

"Militer AS menyatakan sekitar setengah angkatan bersenjata AS sudah divaksinasi penuh, jumlah yang meningkat secara signifikan ketika hanya menghitung pasukan tugas aktif dan tidak termasuk Garda Nasional dan anggota cadangan."

AS Akan Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Militer

Telegraf – Pentagon pada Senin (09/08/2021) menyatakan akan meminta persetujuan Presiden AS Joe Biden pada pertengahan September untuk mewajibkan anggota militer mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Setelah menetapkan aturan Covid-19 untuk pekerja federal, Biden bulan lalu mengarahkan Pentagon untuk melihat “bagaimana dan kapan” akan mengharuskan anggota militer untuk mengambil vaksin Covid-19.

Seperti dilaporkan Reuters, Departemen Pertahanan menargetkan pertengahan September untuk tenggat waktu vaksinasi berdasarkan harapan Food and Drug Administration untuk memberikan persetujuan penuh terhadap vaksin Pfizer Inc dan BioNTech SE. Saat ini berada di bawah otorisasi penggunaan darurat.

“Saya sangat mendukung pesan Menteri (Lloyd) Austin kepada (militer) hari ini tentang rencana Departemen Pertahanan untuk menambahkan vaksin Covid-19 ke daftar vaksinasi yang diperlukan untuk anggota layanan kami selambat-lambatnya pertengahan September,” kata Biden.

Batas waktu dapat ditingkatkan jika Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) menyetujui vaksin lebih awal, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan dalam satu memo. Austin mengatakan bahwa dia dapat bertindak lebih cepat atau merekomendasikan arah yang berbeda jika situasinya memburuk.

Dua pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan vaksin itu bisa segera diamanatkan tetapi lebih dari sebulan telah diberikan dengan harapan persetujuan penuh FDA, yang mungkin mengurangi kekhawatiran tentang keamanan vaksin.

Pakar penyakit menular terkemuka AS Anthony Fauci mengatakan bahwa dia berharap regulator dapat mulai memberikan persetujuan penuh untuk vaksin segera bulan ini.

Militer AS menyatakan sekitar setengah angkatan bersenjata AS sudah divaksinasi penuh, jumlah yang meningkat secara signifikan ketika hanya menghitung pasukan tugas aktif dan tidak termasuk Garda Nasional dan anggota cadangan.

Tingkat vaksinasi tertinggi di Angkatan Laut, yang mengalami kasus infeksi tokoh penting tahun lalu di atas kapal induk. Sekitar 73% pelaut telah divaksinasi lengkap. Jumlah itu cukup tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata nasional AS sekitar 60% orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang telah divaksinasi lengkap.

Karena pasukan AS umumnya lebih muda dan lebih bugar, relatif sedikit prajurit AS yang meninggal akibat Covid-19 yakni 28 orang secara total, menurut data Pentagon.

Banyak anggota Kongres dari Partai Republik menolak untuk mengatakan secara terbuka apakah mereka telah divaksinasi, dan beberapa menganggap vaksin Covid–19 itu tidak perlu atau berbahaya.


Photo Credit: Anggota militer AS akan diwajibkan untuk  vaksinasi Covid-19. AP PHOTO

 

Didik Fitrianto

close