43 Startup Digital Lokal Dapat Fasilitas Dari HUB.ID

43 Startup Digital Lokal Dapat Fasilitas Dari HUB.ID

"Terus bertumbuh, tumbuh kembangkan inovasi-inovasi anak negeri kita untuk mengisi ruang digital, untuk menjadi pemain-pemain utama di dalam ekonomi digital,"

43 Startup Digital Lokal Dapat Fasilitas Dari HUB.ID

Telegraf – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengucapkan selamat atas terpilihnya 43 startup digital anak bangsa dalam program HUB.ID.

Masing-masing startup digital terbagi ke dalam tujuh sektor bisnis, yaitu pertanian dan kemaritiman, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan dan smart city.

“Saya ucapkan selamat kepada 43 startup digital yang terpilih menjadi peserta dalam program HUB.ID Startup Digital Kominfo dan telah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan hingga tiba pada acara hari ini, Demo Day,” kata Johnny melalui siaran pers yang diterima, Kamis (18/11/2021).

Program tersebut, akan membuka peluang pengembangan startup digital di dalam negeri secara masif. Dengan begitu, tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi digital di masa mendatang.

“Terus bertumbuh, tumbuh kembangkan inovasi-inovasi anak negeri kita untuk mengisi ruang digital, untuk menjadi pemain-pemain utama di dalam ekonomi digital,” jelasnya.

Secara khusus, generasi penerus bangsa juga akan mengalami dampak positif dari hal. Agar, di masa depan dapat ikut berpartisipasi aktif dalam mengembangkan ruang digital melalui inovasi startup diciptakan.

“Menjadi startup digital yang terus berkembang demi kejayaan negeri kita dan masa depan generasi muda, generasi milenial Indonesia,” imbuhnya.

Dalam mendorong anak bangsa berkecimpung dalam ruang-ruang digital melalui startup. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo juga menyiapkan fasilitasi untuk pelaku startup digital berupa Sekolah Beta, 1000 Startup Digital dan startupstudio.id.

Program Sekolah Beta merupakan tahap awal untuk memberikan pengetahuan dan keahlian mendasar yang dibutuhkan dalam dunia startup digital. Melalui program itu, peserta mengikuti serangkaian kelas pembekalan pengetahuan dasar terkait konsep startup teknologi dan model bisnis untuk para pemula industri startup.

Selanjutnya, melalui Program 1.000 Startup Digital, Kemkominfo bersama ekosistem berupaya memfasilitasi pencarian dan mengkurasi ide kreatif serta tim untuk membuat produk-produk inovatif.

Ada pula Program startupstudio.id sebagai sekolah bagi founders startup digital guna menyiapkan wawasan dan kemampuan teknis secara lebih intensif.


Photo ilustrasi SHUTTERSTOCK


                         
Fajri Setiawan

close