10 Diplomat Rusia Diusir Dari AS

"Tujuan kami di sini bukan untuk meningkatkan ekskalasi. Tujuan kami di sini adalah untuk membebankan biaya atas tindakan yang kami rasa tidak dapat diterima dari pemerintah Rusia,"

10 Diplomat Rusia Diusir Dari AS

Telegraf – Pemerintahan Joe Biden pada Kamis (15/04/2021) mengumumkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah mengusir 10 diplomat Rusia. Seperti dilaporkan Associated Press, AS menjatuhkan sanksi administratif terhadap puluhan perusahaan dan orang terkait serangan dunia maya, pemilihan umum, dan agresi di wilayah Krimea.

Pemerintah AS meminta pertanggungjawaban Kremlin atas campur tangan dalam pemilihan presiden tahun lalu dan peretasan lembaga federal.

“Tujuan kami di sini bukan untuk meningkatkan ekskalasi. Tujuan kami di sini adalah untuk membebankan biaya atas tindakan yang kami rasa tidak dapat diterima dari pemerintah Rusia,” kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki pada media.

Psaki mengatakan bahwa terlepas dari perilaku Rusia dan tindakan yang diambil oleh presiden, undangan Biden kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk pertemuan puncak tetap terbuka.

Langkah-langkah luas itu dimaksudkan untuk menghukum Rusia atas tindakan yang menurut para pejabat AS memotong inti demokrasi Amerika. Sanksi AS akan mencegah tindakan Rusia pada masa depan, dengan cara mengenakan biaya ekonomi pada Moskwa, termasuk dengan menargetkan kemampuannya untuk meminjam uang.

Sanksi itu pasti akan memperburuk ketegangan dengan Rusia, yang menjanjikan respons. Beberapa ahli mengatakan langkah-langkah itu tampaknya disesuaikan untuk menghindari eskalasi tindakan pembalasan yang tidak terkendali antara kedua negara.

Menurut Gedung Putih, sepuluh personel dari misi diplomatik Rusia di Washington diusir, termasuk perwakilan dari dinas intelijen Rusia.

Baca Juga :   Paus Fransiskus Desak Bentrokan di Yerusalem Dihentikan

Administrasi Biden secara resmi menyalahkan SVR, badan intelijen eksternal Rusia, atas pelanggaran keamanan siber besar-besaran yang ditemukan tahun lalu yang melibatkan SolarWinds, satu perusahaan manajemen perangkat lunak berbasis Texas yang mengizinkan akses ke sistem ribuan perusahaan dan beberapa agen federal.

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan tujuan sanksi AS adalah untuk memberikan tanggapan yang signifikan dan kredibel tetapi tidak untuk meningkatkan situasi

“Apa yang Presiden Biden akan umumkan hari ini, kami yakin, adalah langkah-langkah proporsional untuk membela kepentingan Amerika dalam menanggapi tindakan Rusia yang berbahaya, termasuk gangguan dunia maya dan campur tangan pemilu,” tambahnya.


Photo Credit: Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan. FILE/Usembassy.gov

 

Didik Fitrianto

close