Telegraf – Mendukung serta membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023 mendatang. ZAP meluncurkan ZAP Beauty Index 2023.
Survei yang melibatkan sekitar 9.000 responden wanita, meningkat 3.000 dari pelaksanaan di 2021, berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia dan menemukan sejumlah temuan menarik antaralain popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal. ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi lebih spesial karena memuat lebih banyak pendapat wanita tentang tipe pria idaman.
“Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke
tahun. Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan
bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri.
Selain itu, kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan
tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis,” ungkap Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023.
Bekerja sama dengan MarkPlus, survei pertama dan paling komprehensif mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia ini, telah dilakukan sejak 2018 dan telah memiliki banyak versi dari tahun ke tahun. ZAP Beauty Index 2023 lebih spesial karena memuat lebih banyak pendapat wanita tentang tipe pria idaman.
Bagaimana pria yang sempurna di mata para wanita Indonesia? Wanita menyukai pria yang peduli
dengan penampilan diri. Mayoritas wanita setuju jika pria memerlukan perawatan kulit. Sebanyak 95.1
persen wanita mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin.
Dengan persentase 82.9 persen, wanita setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. Temuan ini menjadi bukti bahwa wanita tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi wanita, karena untuk menjadi pria idaman para wanita, pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik.
“Pada tahun ini, kami juga melihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi
favorit wanita Indonesia. Pada 2021, hanya 17.8 persen wanita Indonesia membeli skincare di klinik
kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32.5 persen. Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini,” kata Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry, Selasa (7/12).
Sementara itu terkait pesona dan fisik, 87.5 persen wanita Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77.3 persen dan 67.5 persen. Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu/dada yang bidang juga mudah membuat para wanita mudah jatuh hati.