Wapres Ajak Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19

"Rumah sakit dan tenaga kesehatan tidak dapat menampung jumlah pasien, dan tingkat kematian juga mengalami kenaikan,"

Wapres Ajak Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19


Telegraf – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengatakan, mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 merupakan ikhtiar yang dapat dilakukan bersama-sama guna menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Sejak awal pemerintah telah berupaya mengedepankan kebijakan kesehatan untuk menangani pandemi Covid-19,” kata Wapres lewat akun Twitter pribadinya @Kiyai_MarufAmin, Selasa (02/02/2021).

Kebijakan prokes untuk menangani pandemi virus Corona dengan menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir serta menjaga jarak fisik.

Selain itu, pemerintah meminta warga membatasi mobilitas di tempat umum, serta menghindari kerumunan.

“Pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar masyarakat terhindar dari penularan,” lanjutnya.

Kendati demikian masih banyak masyarakat yang tidak disiplin, bahkan mengabaikan anjuran 3M, hingga membuat tingkat penularan terus melonjak.

“Rumah sakit dan tenaga kesehatan tidak dapat menampung jumlah pasien, dan tingkat kematian juga mengalami kenaikan,” imbuhnya.

“Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menangani wabah Covid-19 secara khusus terutama di wilayah Jawa dan Bali,” tegasnya.

“Melihat kondisi perkembangan penyebaran virus, pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara khusus di wilayah-wilayah tertentu di Jawa dan Bali,” paparnya.

Ma’ruf juga mengatakan pemerintah terus berupaya menuntaskan program vaksinasi agar terciptan kekebalan immun (herd immunity).

“Herd immunity ini baru bisa tercapai kalau 70 persen atau 182 juta dari 270 juta penduduk Indonesia telah divaksinasi,” terangnya.

Ma’ruf pun meminta masyarakat untuk terus mematuhi segala anjuran pemerintah terkait dengan penanganan Covid-19.

“Saya meminta dengan sungguh-sungguh agar kita semua mendukung dan mematuhi kebijakan serta berbagai upaya yang dilakukan pemerintah. Mari bersama-sama kita lawan Covid-19 agar kita semua dapat beraktivitas normal kembali,” tandasnya.


Photo Credit: Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/03). ANTARA/Aditya Pradana Putra

 

Ishwari Kyandra

close