Usai Bertemu Purnomo, Jokowi Dijadwalkan Swab Lebih Cepat

"Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden,"

Usai Bertemu Purnomo, Jokowi Dijadwalkan Swab Lebih Cepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani tes swab lebih cepat dari jadwal rutin biasanya. Hal ini terkait kabar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, positif Covid-19. Jokowi diketahui sempat bertemu dengan Purnomo di Istana pekan lalu.

“Bapak Presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/07/20).

Heru mengatakan protokol kesehatan di Istana secara ketat diterapkan, termasuk kepada tamu yang bertemu Jokowi. Tamu diwajibkan menjalani rapid test Covid-19.

“Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden,” kata Heru.

Purnomo dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu. Informasi tersebut disampaikan salah seorang anggota DPRD Solo, Jumat.

“Informasinya Wakil Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin bisa dicek ke gusgas [Gugus Tugas Penanganan Covid-19],” kata legislator yang minta dirahasiakan namanya itu.

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, membenarkan informasi Wawali Solo Purnomo positif Covid-19.

Sementara Purnomo, saat dihubungi wartawan, Jumat, (24/07/20) mengaku mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/07/20) sore.

“Coba tanya kepala dinas [kesehatan Kota Solo] saja, saya kan dua kali [tes swab] yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif lha saya ndak berani cerita. Nyuwun priksa Kepala Dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kasus Djoko Tjandra, Mahfud: Tamparan Keras Bagi Para Penegak Hukum

Purnomo kini sedang menjalani karantina di rumah. “Saya merasa sehat sekali. Nggak ada keluhan,” kata Purnomo kepada saat dihubungi awak media.


Photo Credit: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan jalani tes swab lebih cepat dari jadwal biasanya. ANTARA

Ishwari Kyandra