Tips Menghilangkan Jerawat Menggunakan Essential Oils & Teh

Meskipun perawatan konvensional dapat menghilangkan jerawat, perawatan tersebut sering kali dikaitkan dengan efek samping, seperti iritasi kulit dan kulit kering.

Tips Menghilangkan Jerawat Menggunakan Essential Oils & Teh

Telegraf, Jerawat adalah penyakit kulit umum yang menyerang hampir pada semua orang. Sekitar 85% manusia didunia pernah mengidap jerawat.

Meskipun perawatan konvensional dapat menghilangkan jerawat, perawatan tersebut sering kali dikaitkan dengan efek samping, seperti iritasi kulit dan kulit kering.

Karena itu, banyak orang telah beralih ke alternatif alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Namun, meskipun ada banyak obat jerawat alami di luar sana, hanya sedikit yang terbukti secara ilmiah dapat membantu.

Beberapa Tips Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Essential Oils dan Teh

Berikut adalah cara alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

1. Obati dengan tea tree oil

Minyak pohon teh diekstrak dari daun pohon Melaleuca Alternifolia. Ia terkenal karena kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Secara khusus, minyak pohon teh membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Suatu studi menemukan bahwa minyak pohon teh 5% hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat.

Perawatan minyak pohon teh juga menghasilkan lebih sedikit efek samping, termasuk kekeringan, iritasi, dan rasa terbakar di kulit.

Penting untuk diperhatikan bahwa minyak pohon teh sangat manjur dan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Untuk alasan ini, harus diencerkan dengan minyak lain seperti vegetables oil.

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat yaitu, campurkan 1 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh vegetables oil. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan langsung ke jerawat. Oleskan pelembab, jika diinginkan. Ulangi proses ini 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

2. Obati jerawat dengan minyak esensial (essential oils)

Selain minyak pohon teh, banyak minyak esensial lain yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah menemukan bahwa minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh melawan bakteri penyebab jerawat S. epidermidis dan P. acnes. Rosemary dan serai juga terbukti menghambat P. acnes.

Seperti minyak pohon teh, minyak esensial ini sangat pekat dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Pastikan untuk mengencerkan semua minyak esensial sebelum digunakan.

Cara menggunakan minyak esensial untuk jerawat yakni, campurkan 10 tetes minyak esensial dengan 30 mL minyak pengencer. Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan langsung ke jerawat. Oleskan pelembab, jika diinginkan. Ulangi proses ini 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan teh hijau

Banyak orang meminum teh hijau karena manfaatnya bagi kesehatan, namun ternyata bahan ini juga dapat bermanfaat jika dioleskan langsung ke kulit.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Bahan ini juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit rawan jerawat.

Cara menggunakan teh hijau untuk mengatasi jerawat, pertama-tama seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3 hingga 4 menit. Biarkan teh menjadi dingin. Oleskan ke wajah Anda dengan bola kapas atau semprotkan menggunakan botol semprot. Biarkan selama 10 menit atau semalaman, lalu bilas wajah Anda dengan air. Terapkan 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan.


Novita Irdawati

dr. Irdawati Novita, Alumnus Kedokteran Tarumananegara 2006 adalah pakar aesthetic dari Atceanics Aesthetic Experts yang saat ini aktif dalam organisasi DPP Pemuda Bulan Bintang sebagai Wakil Ketua Umum.

Tentang : Experience in Aesthetic field such as asian skin problems (Acne Problems, Hyperpigmentation, mild skin lesion), skin rejuvenating program (Botox, Filler, Threadlift, Microneedling, Peeling), Detoxifying system (Vaginal Ozone, Hydrocolon therapy, Ozone system for Aesthetics), Celullar cell for aging program (Stemcell treatment for aging problems, freshcell, Platelet Rich Plasma Methode), Slimming Program.

 

 

Yuliana