Tingkatkan Kemampuan Digital, Kominfo dan DPR RI Gelar Webinar

Oleh : Aji Cahyono

Telegraf – Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) bersama Dewan Perwakila Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menggelar webinar dengan topik tentang Literasi Digital dengan tema “Kemampuan Digital yang Dicari Saat ini”, pada Selasa (24/05/2022), melalui zoom meeting.

Webinar tersebut, dihadiri oleh Rachel Maryam Sayidina (Anggota Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI), dan Joddy Caprinata (Founder & COO of Bicara Project) dan Renny Yuliati (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia).

Kendati demikian, webinar yang dinisiasi oleh Kominfo RI terhadap Program Literasi Digital, yang melibatkan masyarakat, dengan tujuan untuk memberikan dorongan kepada masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaattan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat dapat memilah dan memilih informasi yang dianggap perlu dan bermanfaat,

Selain itu, memberikan informasi lengkap kepada masyarakat terkait dengan pembangunan infrastruktur TIK yang dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya. Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

 

Peluang di Era Digital

Renny Yuliati, sebagai narasumber pertama menjelaskan bahwa pandemi covid-19 memberikan efek domino di lini sektor apapun, baik kesehatan, sosial, ekonomi maupun keuangan pada tingkat nasional maupun global. Dalam hal ini, menurutnya, menjadi tantangan yakni penyediaan internet hanya digunakan untuk tujuan yang negatif.

Ia menambahkan, bahwa di era digital kita harus memiliki kemampuan dasar yang sangat diperlukan, yaitu kemampuan menggunakan perangkat untuk mengakses Internet, kemampuan menggunakan internet, kemampuan, mencari informasi, kemampuan mengolah dan membuat informasi, dan kemampuan memilih layanan yang dibutuhkan.

Kemudian, Joddy Caprinata menyampaikan bahwa ruang digital tidak tersentuh jangkauan luas, tidak terbatas ruang & waktu massal, mudah diterima & mudah dibagikan. beliau menyampaikan bahwa sebagai masyarakat harus meningkatkan digital skill dengan 3M yaitu mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, dan memanfaatkan produk digital. Pemanfaatan produk digital yaitu dengan bisnis, koneksi dan juga branding.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close