Sign In
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
Telegraf

Kawat Berita Indonesia

  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
  • Entertainment
  • Lifestyle
  • Technology
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Regional
    • Didaktika
    • Musik
    • Religi
    • Properti
    • Opini
    • Telemale
    • Philantrophy
    • Corporate
    • Humaniora
    • Cakrawala
    • Telegrafi
    • Telecoffee
    • Telefokus
    • Telerasi
Membaca Tingginya Perkembangan Teknologi Apa yang Akan Dilakukan Resto Siap Saji
Bagikan
Font ResizerAa
TelegrafTelegraf
Cari
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
  • Entertainment
  • Lifestyle
  • Technology
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Regional
    • Didaktika
    • Musik
    • Religi
    • Properti
    • Opini
    • Telemale
    • Philantrophy
    • Corporate
    • Humaniora
    • Cakrawala
    • Telegrafi
    • Telecoffee
    • Telefokus
    • Telerasi
Punya Akun? Sign In
Ikuti Kami
Copyright © 2025 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved.
FEATURED

Tingginya Perkembangan Teknologi Apa yang Akan Dilakukan Resto Siap Saji

Rina C. Latuperissa Senin, 15 April 2019 | 12:49 WIB Waktu Baca 3 Menit
Bagikan
Bagikan

 


Telegraf, Jakarta – Siapa yang tidak kenal ayam goreng. Ya, kuliner yang satu ini seakan sudah menjadi salah satu menu lauk pauk favorit semua kalangan di Indonesia, bahkan tokoh kartun kegemaran anak-anak, memiliki menu kesukaan berupa ayam goreng. Mungkin atas dasar itulah bisnis kuliner kelas menengah bawah yang berbasis ayam goreng kian menjamur sejak 1 dasawarsa terakhir.

Seakan tidak mau kalah dengan resto-resto siap saji kelas menengah atas macam KFC, Texas Chicken ataupun McD, berbagai macam outlet resto siap saji berbasis ayam goreng bermunculan di seluruh penjuru Nusantara, baik yang berbentuk gerobak kaki lima maupun yang berbentuk mini resto atau café.

Persaingan bisnis memunculkan ide ide kreatif sehingga menghasilkan beragam menu baru yang bisa dibilang hampir menyamai menu-menu resto siap saji kelas menengah atas. Sebagai contoh, d’Besto, salah satu resto siap saji yang sudah malang melintang di dunia kuliner sejak 1994 dengan percaya diri menyediakan menu Spaghetti, Burger sampai dengan ayam goreng selera pedasnya, begitupula dengan Let’s Go Chicken yang belakangan cukup agresif dalam memperluas outlet dan menambah khasanah menu ayam gorengnya.

Namun dari sekian banyak resto siap saji kelas menengah bawah tersebut, sampai saat ini hampir semua masih mengandalkan metode pemasaran yang konservatif, yaitu hanya memperluas pertumbuhan outlet di berbagai wilayah dan melakukan penambahan menu tanpa dibarengi oleh kegiatan atau activation yang melibatkan media maupun konsumen yang merupakan stake holder utama mereka.

Wakil Ketua Umum Bidang Restoran Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sudrajat mengatakan, restoran siap saji merupakan salah satu subsektor industri kuliner dengan kinerja cukup stabil.

Menurut Sudrajat, kinerja bisnis restoran siap saji ditunjang oleh perbaikan konsumsi masyarakat sebagaimana tercermin dalam indeks keyakinan konsumen (IKK) yang selalu meningkat setiap tahun. Berdasarkan survei Bank Indonesia, IKK mencapai 110 poin pada 2016 dan terus naik ke level 123,5 pada awal tahun ini.

“Permasalahannya, persaingan usaha restoran di wilayah-wilayah padat penduduk tersebut terlalu kuat namun belum terlihat adanya usaha dari resto-resto tersebut untuk meningkatkan metode pemasaran mereka ke arah yang lebih modern, semisal melalui berbagai activation maupun digital engagement yang tentunya melibatkan sebuah strategi Public Relation yang mumpuni,” dalam pres rilis yang di terima tim redaksi .

Hal ini akan menjadi sebuah mandatory dalam beberapa tahun mendatang di mana dinamika konsumen resto siap saji saat ini tidak hanya mendasarkan penilaian mereka pada rasa dan menu semata tapi juga ada tidaknya additional benefit yang bisa mereka dapatkan.

Agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman dan teknologi terkini dalam strategi Public Relation (PR) maupun activation, pembisnis kuliner resto siap saji tersebut bisa bisa akan tergerus jaman dan stuck bahkan gulung tikar. (Red)


Credit Photo: Tinginya perkembangan Teknologi Apa yang Akan di lakukan Resto Siap Saji/Istimewa


Bagikan Artikel
Twitter Email Copy Link Print

Artikel Terbaru

Draft Revisi Daftar Aturan Baru di KUHAP Akan Segera Disahkan
Waktu Baca 5 Menit
Dorong Hilirisasi Riset dan Penguatan Produk Obat-Makanan Nasional BPOM Gelar Gebyar ABG Kolaborasi
Waktu Baca 2 Menit
Seorang karyawan menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS. ANTARA
Cabutnya Investor Asing Membuat Rupiah Kian Melemah Pekan Ini
Waktu Baca 2 Menit
KOPLING 2025
Kementerian UMKM Pastikan KOPLING 2025 Jadi Ajang Kolaborasi Musik dan Ekonomi Lokal
Waktu Baca 6 Menit
Perhelatan Sepakbola Special Olympics Asia Tenggara Berakhir Malam Ini
Waktu Baca 3 Menit

Purbaya: Bank Sentral Yang Akan Jalankan Strategi Redenominasi

Waktu Baca 3 Menit

Hubungan Jepang dan China Memanas Usai Komentari Soal Taiwan

Waktu Baca 5 Menit

Prabowo dan Raja Yordania Serta Sepenggal Kisah Masa Lalu

Waktu Baca 2 Menit

Sufmi Dasco: Saraswati Tetap Bertugas Sebagai Anggota DPR

Waktu Baca 2 Menit

Lainnya Dari Telegraf

Bjorka Salah Tangkap
FEATURED

“Bjorka” Menjawab Salah Tangkap: Bocornya 341 Ribu Data Polisi dan 679 Ribu Surat Rahasia untuk Presiden

Waktu Baca 7 Menit
FEATURED

OJK Dorong Sinergi Lintas Sektor untuk Perkuat Pembiayaan UMKM

Waktu Baca 3 Menit
NS Aji Martono Hari Kebangkitan Nasional
FEATURED

Sertifikasi Tenaga Kerja Jadi Kunci Utama Wujudkan Semangat Harkitnas di Era Globalisasi

Waktu Baca 6 Menit
EkonomikaFEATURED

Bank DKI Catatkan Laba Rp529,79 Miliar dan Bagikan Dividen Rp249,31 Miliar

Waktu Baca 2 Menit
FEATURED

BAZNAS dan BCA Syariah Tandatangani MoU untuk Mempermudah Penyaluran Zakat

Waktu Baca 3 Menit
FEATURED

BTN Segera Luncurkan Bale Korpora, Platform Terintegrasi untuk Transaksi Wholesale Banking

Waktu Baca 3 Menit
FEATURED

Aplikasi MKasir: Solusi Keamanan dan Efisiensi untuk UMKM

Waktu Baca 3 Menit
EkonomikaFEATURED

Bank DKI Catat Pertumbuhan Kredit 2,26% pada Tahun 2024, Fokus pada Segmen UKM dan Inovasi Digital

Waktu Baca 1 Menit
Telegraf
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Regional
  • Internasional
  • Cakrawala
  • Didaktika
  • Corporate
  • Religi
  • Properti
  • Lifestyle
  • Entertainment
  • Musik
  • Olahraga
  • Technology
  • Otomotif
  • Telemale
  • Opini
  • Telerasi
  • Philantrophy
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

KBI Media

  • Kirim
  • Akunku
  • Hobimu
  • Subscribe
  • Telegrafi
  • Teletech
  • Telefoto
  • Travelgraf
  • Musikplus

Kawat Berita Indonesia. Copyright © 2025 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved.

Selamat Datang!

Masuk ke akunmu

Lupa passwordmu?