Tinggalkan Alibaba Dengan Kekayaan Rp 540 Triliun, Jack Ma Fokus Kegiatan Amal

"Dia punya logika dan kemampuan berpikir kritis seperti sebuah komputer super, komitmen pada visinya, dan keberanian untuk melakukan model bisnis yang inovatif dan industri masa depan dengan sepenuh hati,"

Tinggalkan Alibaba Dengan Kekayaan Rp 540 Triliun, Jack Ma Fokus Kegiatan Amal

Telegraf, Hongkong – Pendiri pasar online Alibaba, Jack Ma, resmi pensiun pada usia 55 tahun, Selasa (10/9/2019), dengan kekayaan pribadi mencapai angka sekitar Rp 540 triliun.

Mantan guru Bahasa Inggris yang karismatik itu mendirikan Alibaba 20 tahun silam di sebuah kamar apartemen yang ditempati bersama rekannya.

Sekarang dia melepaskan diri dari kegiatan sehari-hari mengurusi bisnis online tersebut agar bisa memiliki lebih banyak waktu bersama keluarganya, dan melakukan kegiatan amal.

Ma, pria terkaya di Tiongkok, tidak perlu khawatir untuk membayar tagihan.

Menurut Forbes, kekayaan bersihnya mencapai US$ 38,4 miliar atau sekitar Rp 540 triliun berkat kesuksesan Alibaba.

Ketika penjualan domestik mulai turun saat terjadinya perang dagang AS-Tiongkok, Alibaba akan dikendalikan sendirian oleh Daniel Zhang yang sudah ditunjuk tahun lalu.

“Dia punya logika dan kemampuan berpikir kritis seperti sebuah komputer super, komitmen pada visinya, dan keberanian untuk melakukan model bisnis yang inovatif dan industri masa depan dengan sepenuh hati,” kata Jack Ma tentang Zhang.

Alibaba telah tumbuh menjadi perusahaan terdaftar Asia yang paling berharga, dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 460 miliar dan lebih dari 100.000 karyawan.

Meskipun penjualan tengah menurun saat ini, Alibaba sudah melakukan ekspansi pasar dengan merambah musik streaming, jasa keuangan, cloud computing, dan kecerdasan buatan.


Photo Credit : Pendiri Alibaba, Jack Ma, resmi pensiun pada usia 55 tahun, Selasa (10/9/2019). WEF/Sandra Blaser



Komentar Anda