Shinzo Abe Undur Diri Dari PM Jepang

"Sejak 2012, Abe berusaha membangkitkan kembali perekonomian Jepang yang terus melambat menggunakan paket kebijakan yang disebut Abenomics."

Shinzo Abe Undur Diri Dari PM Jepang

Telegraf – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan. Abe adalah Perdana Menteri Jepang terlama.

“Saya ingin mengucapkan maaf kepada rakyat Jepang,” kata Abe dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, Jumat (28/8/2020).

Abe mengatakan dia akan tetap menjalankan tugasnya sebagai perdana menteri hingga pemimpin berikutnya terpilih. Masa jabatan Abe belum berakhir hingga 2021.

NHK melaporkan bahwa Abe mengunjungi sebuah rumah sakit dalam dua pekan terakhir. Sebelumnya Abe diketahui menderita penyakit usus kronis dan pernah mundur sebagai perdana menteri pada tahun 2007. Dia kembali menjadi PM setelah partainya menang pemilu pada 2012.

Sejak 2012, Abe berusaha membangkitkan kembali perekonomian Jepang yang terus melambat menggunakan paket kebijakan yang disebut Abenomics.

Sebelum terdampak Covid-19, perekonomian Jepang sudah merasakan penurunan belanja konsumen karena pemerintah menaikkan pajak konsumsi Oktober lalu. Jepang memasuki resesi di triwulan pertama tahun ini setelah perekonomiannya terkonytraksi 3,4 persen.


Photo Credit: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. REUTERS/Toru Hanai

 

Fajri Setiawan