Presiden Jokowi Berikan Suport Total Kepada Forum Pimpinan Media Digital

"Saya yakin potensi itu akan bisa menjadi fondasi bagi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,"

Presiden Jokowi Berikan Suport Total Kepada Forum Pimpinan Media Digital

Telegraf – Presiden Jokowi meminta ekonomi digital bisa membawa manfaat bagi rakyat, khususnya UMKM dan para pelaku bisnis pemula atau start up.

“Kita harus bisa membangun channel antara sistem platform logistik dunia, dengan produk-produk yang berada di kampung-kampung, yang berada di desa-desa,” ujarnya.

“Saya minta pelaku bisnis pemula atau start up diprioritaskan dan difasilitasi untuk mendapatkan akses permodalan agar usahanya bisa tumbuh dan berkelanjutan,” Presiden Jokowi isyaratkan segera terbitkan “Paket Deregulasi untuk Bisnis e-Commerce”.

Dalam kaitan itu, Presiden Jokowi menjelaskan punya target menjadi Indonesia sebagai negara digital terbesar di dunia pada tahun 2020.

“Lakukan deregulasi besar-besaran untuk mendukung berkembangnya industri ‘e-commerce’,” pesanya usai rapat kabinet terbatas.

Satu hal lain, Jokowi menyebut hal penting lain adalah pelatihan untuk mengembangkan kapasitas bagi pelaku pemula e-commerce sehingga akan semakin mampu bersaing di dunia bisnis.

“Pemerintah harus memanfaatkan potensi yang ada guna meningkatkan pelaku ekonomi digital di Indonesia,” ujarnya.

Dalam catatan Asosiasi Media Digital, saat ini 93,4 juta dari 250 juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet dengan jumlah penjualan melalui ‘e-commerce’ pada tahun 2014 mencapai USD 2,6 milyar.

“Saya yakin potensi itu akan bisa menjadi fondasi bagi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Presiden dalam kaitan derasnya arus media digital yang merasuki ke semua sektor kehidupan saat ini.

Baca Juga :   Volume Kendaraan Dari Jakarta ke Jawa Turun 53 Persen

Menurut presiden, dengan kecenderungan negara-negara besar mulai menggaungkan revolusi industri baru dengan ekonomi berbasis digital, Indonesia tidak boleh tertinggal dan juga harus mengambil peran dalam tren perubahan itu.

“Perlu percepatan implementasi, kita kejar dan agar kita tak tertinggal oleh negara-negara di sekitar kita,” imbuhnya.


Photo Credit: Presiden Jokowi bicara “empat mata” bersama Ketua Forum PImpinan Media Digital, S.S Budi Rahardjo yang juga Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia. TELEGRAF/FPMD

 

Aris Maulana

close