Potong Mata Rantai Penularan COVID -19 Tokopedia Gandeng Dompet Dhuafa Lakukan CTM di 17 Provinsi

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia selalu percaya bahwa kolaborasi bersama para mitra strategis. Seperti kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan pengguna Tokopedia. Pemanfaatan teknologi adalah salah satu kunci menghadapi pandemi. Kami berharap donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu mereka yang terdampak, sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama"

Potong Mata Rantai Penularan COVID -19 Tokopedia Gandeng Dompet Dhuafa Lakukan CTM di 17 Provinsi


Telegraf, Jakarta – Indonesia termasuk negara dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di ASEAN, menurut World Health Organization (WHO), bertolak dari kasus tersebut tokopedia gandeng dompet dhuafa lakukan rapid test (Covid Test Mobile / CTM) untuk dhuafa di 17 provinsi pada daerah daerah yang sudah masuk zona merah.

Melalui ekosistem Tokopedia Salam Tokopedia mengajak masyarakat berdonasi untuk membantu sesama mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan di masa pandemi. Donasi yang terkumpul dari pengguna Tokopedia, kemudian disalurkan oleh Dompet Dhuafa melalui penyelenggaraan Covid-19 Test Mobile di 17.

Program Pemeriksaan Covid Test Mobile (CTM) akan dilakukan di wilayah Kawasan cekal (cegah dan tangkal) Corona dari Gerai Sehat Dompet Dhuafa di masing-masing cabang yang akan menurunkan tenaga medis, serta tenaga kesehatan terlatih untuk berkolaborasi bersama tim LPM (Lembaga Pelayan Masyarakat) dan DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa.

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia selalu percaya bahwa kolaborasi bersama para mitra strategis. Seperti kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan pengguna Tokopedia. Pemanfaatan teknologi adalah salah satu kunci menghadapi pandemi. Kami berharap donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu mereka yang terdampak, sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” ungkap Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda.

Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Dakwah, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa mengungkapkan sebelum kerjasama dengan tokopedia dompet dhuafa juga sudah turut andil dalam memotong mata rantai covid-19 dengan memproduksi Disinfection Chamber (bilik sterilisasi) yang didistribusikan ke 1.000 titik fasilitas umum yang sering diakses masyarakat.

“Dompet Dhuafa bersama mitra-relawan, donatur dan cabang kantor di seluruh Indonesia, terdorong untuk membantu masyarakat terdampak langsung maupun tidak langsung akibat wabah tersebut. Dompet Dhuafa dalam fase awal penanggulangan pandemi Corona membuka Crisis Center Cegah dan Tangkal (Cekal) Corona. Kemudian memproduksi Disinfection Chamber (bilik sterilisasi) yang didistribusikan ke 1.000 titik fasilitas umum yang sering diakses masyarakat,” tutur Shonhaji Selasa (22/7) dalam siaran pers di Jakarta.

Lanjutnya Tim Gerai Sehat atau Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa juga membagi-bagikan secara gratis APD dan hygiene kit, logistik pangan juga menjadi fokus pelayanan Dompet Dhuafa. Di garda terakhir, turut menyediakan mobil ambulance maupun layanan barzah Dompet Dhuafa untuk mengantarkan pasien terduga Corona menuju rumah sakit rujukan pemerintah dan juga penanganan korban meninggal di seluruh Indonesia.

Shonhaji menambahkan Program CTM akan menyasar masyarakat kelompok rentan kesehatan, para petugas penggali dan pemulasaran jenazah, serta pengemudi angkutan umum. Hasil rapid test reaktif akan dilaporkan kepada pihak terkait dan dapat dilakukan PCR test mandiri sesuai prioritas sebagai tindakan lanjutannya.

Mengawali kegiatan TCM akan dilaksanakan di Surabaya dan wilayah Jawa Timur lainnya yang dioperatori tim Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama pemerintahan daerah setempat memgingat jawa timur perrumbuhan kasusnya lumayan tinggi. TCM meliputi rapid test antibody untuk kelompok rentan dan masyarakat dhuafa yang belum terjangkau akses pemeriksaan berdasarkan skala prioritas. Tentunya bergulir dengan koordinasi berbagai pihak terkait seperti pemerintah, Dinas Kesehatan, puskesmas dan relawan yang tersebar di wilayah tersebut. (AK)


Credit Photo : Suasana rapid test di salah satu gerai sehat Dompet Dhuafa/istimewa

 

 


Atti K.

close