Paskah, Ma’ruf Amin: Umat Kristiani Maju dan Kuat Dalam Kebersamaan

“Dalam kaitan ini secara khusus saya meminta dukungan saudara-saudara untuk membantu implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 agar dapat berjalan sesuai harapan kita semua menuju Papua yang sejahtera, maju, aman, dan damai,”

Paskah, Ma’ruf Amin: Umat Kristiani Maju dan Kuat Dalam Kebersamaan

Telegraf – Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin berharap seluruh umat Kristiani di Papua terus terlibat dalam menjaga persatuan dan kerukunan umat beragama. Menurutnya, jika umat beragama sudah rukun maka kerukunan nasional secara otomatis ikut terjaga dengan baik

Hal ini disampaikan Ma’ruf dalam acara Paskah bersama yang digelar bersama Persekutuan Gereja-gereja di Tanah Papua dan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB).

“Semoga seluruh umat Kristiani makin maju dan kuat dalam kebersamaan dengan semua elemen bangsa dalam menjaga persatuan dan memajukan pembangunan bagi kemaslahatan bangsa dan negara, dan khususnya dalam membangun kesejahteraan di Tanah Papua,” katanya, Jumat (02/04/2021)

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf meminta Persekutuan Gereja-Gereja di Tanah Papua berperan aktif membantu mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat di Papua dan Papua Barat.

“Dalam kaitan ini secara khusus saya meminta dukungan saudara-saudara untuk membantu implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 agar dapat berjalan sesuai harapan kita semua menuju Papua yang sejahtera, maju, aman, dan damai,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Dance Yulian Flassy mewakili Gubernur Papua menyampaikan bahwa perayaan Paskah tahun 2021 ini mengambil tema “Memancarkan Kasih dan Damai dari Papua untuk Indonesia”. Melalui tema ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengedepankan persatuan melalui cara-cara yang damai. Khususnya, di saat-saat seperti sekarang ini dimana masih kerap terjadinya perbedaan cara pandang antar sesama umat manusia yang dapat memicu kekerasan.

Baca Juga :   MPR: Revisi PP 57/2021 Wajib

“Melalui momentum Paskah ini diharapkan ada refleksi besar, damai dari Ufuk Timur, pesan kemanusiaan, pesan kebangsaan, pesan kemanusiaan, moderasi beragama oleh para pemimpin kita atas situasi dan kondisi serta pergumulan yang tengah kita hadapi,” kata Dance.

Sejalan dengan Dance, Ketua Umum Perayaan Paskah Tahun 2021 Nikolaus Kondomo, juga menyampaikan harapannya agar perayaan Paskah lintas agama tahun 2021 ini dapat menjadi sebuah gerakan bersama dalam rangka mewujudkan kehidupan yang aman, damai dan sejahtera di Indonesia, khususnya di Papua.

“Kami mengajak seluruh masyarakat di Papua menolak berbagai terorisme, radikalisme yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, nilai-nilai luhur kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kebhinekaan kita,” paparnya.

Hadir pada Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 diantaranya para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua dan para pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Papua.


Photo Credit: Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin pada saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/03). ANTARA/Aditya Pradana Putra

 

Didik Fitrianto

close