Meminimalisir Kerugian Akibat Erupsi Gunung Agung Kementan Ikut Siaga

“Memfasilitasi bantuan dari berbagai pihak dan bantuan yang telah diterima dan disalurkan yaitu: pakan konsentrat sebanyak 5 ton dan 9 unit kendaraan truk untuk evakuasi ternak, pakan hijauan (rumput) 3 ton, dan perlengkapan pembuatan kandang seperti bambu, terpal tali,”

Meminimalisir Kerugian Akibat Erupsi Gunung Agung Kementan Ikut Siaga

Telegraf, Jakarta – Sejak tanggal 19 September 2017 lalu, semenjak status di tetapkan siaga, antisipasi bencana Erupsi juga di tingkatkan, tak hanya untuk warga yang tinggal di lokasi resiko bencana, pemerintah melalui kementrian pertanian (kementan) khususnya Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), melakukan beberapa langkah untuk meminimalisir kemungkinan kerugian ternak akibat bencana tersebut.

Dari keterangan rilis yang di terima meja redaksi, tindakan yang dilakukan oleh kementan antara lain melakukan evakuasi ternak dengan target 20.000 ekor sapi dari wilayah yang terdampak ke 30 titik penampungan yang tersebar di kabupaten, membentuk satgas dan kesehatan hewan, membentuk posko kesehatan hewan. Bukan hanya itu saja untuk pakan hewan kementan bekerja sama dengan PT, Charoen Phokphan Indonesia (PT. CPI) menyerahkan 5 ton pakan konsentrat. Hal itu di ungkapkan Dirjen PKH I Ketut Diarmita saat menyerahkan bantuan di Denpasar, Bali Kamis (28/9/2017).

“Memfasilitasi bantuan dari berbagai pihak dan bantuan yang telah diterima dan disalurkan yaitu: pakan konsentrat sebanyak 5 ton dan 9 unit kendaraan truk untuk evakuasi ternak, pakan hijauan (rumput) 3 ton, dan perlengkapan pembuatan kandang seperti bambu, terpal tali,” tuturnya dalam keterangan rilis.

Untuk layanan informs penanganan evakuasi ternak bisa menghubungi hotline di nomor 081238632084 serta penanganan evakuasi ternak dan kesehatan hewan yang bisa diakses 24 jam.

I Ketut Diarmita menjelaskan, engingat besarnya kebutuhan untuk memenuhi penanganan evakuasi dan pengamanan ternak di tempat penampungan sementara, Ditjen PKH melalui Satgas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga menfasilitasi pelaku industri di bidang Peternakan yang akan berperan serta memberikan bantuan berupa pakan ternak dan truk untuk mengevakuasi ternak. (Red)

Baca Juga :   Ma'ruf Amin: Ekonomi Syariah Bukan Hanya Untuk Umat Islam

Photo Credit : Kompas/Bambang P. Jatmiko


 

Atti Kurnia
Qatar Airways WW
OLX Auto