Kominfo Akan Ketuai Kelompok Kerja Ekonomi Digital di G20 2022

Oleh : Didik Fitrianto
Photo Credit: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. ANTARA/Galih Pradipta

Telegraf – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menjadi Ketua Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group pada pertemuan tingkat menteri negara anggota G20 pada 2022.

Hal ini merupakan, prestasi yang akan berdampak positif pada perkembangan ekonomi digital di Indonesia pada masa mendatang.

“Ini kerja besar bersama-sama kita. Untuk sama-sama melakukan pendekatan yang jitu dan akurat dalam kebijakan di dunia memasuki era ekonomi digital,” kata Menteri Kominfo (Menkominfo) Johnny G Plate melalui siaran virtual, Jumat (06/08/2021).

Menurutnya, perjuangan Indonesia menyuarakan perlunya pengembangan ekonomi digital di Indonesia pada ajang internasional tersebut terus dilakukan selama beberapa waktu lalu. Hal itu, rupanya mendapat perhatian dari para menteri negara anggota G20. Responnya, pada pertemuan dibentuklah Gugus Tugas Ekonomi Digital atau Task Force Economy Digital.

Selang beberapa lama kemudian, menyadari pentingnya usulan Kominfo kala itu, para menteri anggota sepakat meningkatkan Gugus Tugas Ekonomi Digital ditingkat menjadi Kelompok Kerja Ekonomi Digital. Dengan begitu, usulan Kominfo yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi digital akan dibahas secara mendalam pada pertemuan tingkat menteri anggota G20 pada 2022.

“Para menteri negara anggota G20 secara konsensus sepakat meningkatkan hal status dari gugus tugas menjadi kelompok kerja,” imbuhnya.

Dengan disepakatinya hal tersebut, klausul yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi digital tersebut masuk ke dalam deklarasi pada pertemuan tingkat menteri anggota G20. Dalam deklarasi itu, secara gamblang menyebutkan bahwa usulan Indonesia terkait ekonomi digital akan dibahas secara mendalam pada pertemuan tahun depan dan melalui kelompok kerja yang dibentuk di atas.

Langkah di atas, lanjut Johnny, akan membuka peluang lahirnya kerja sama yang dijalin antara negara anggota G20 dengan Indonesia dalam sektor pengembangan ekonomi digital ke depan. Ini penting sekali, terhadap pengembangan ekonomi digital di dalam negeri, supaya masyarakat dapat memanfaatkan ruang digital untuk kegiatan produktif.

Dengan lahirnya peluang kerja sama yang dibangun itu, maka kesempatan para pelaku usaha ekonomi digital di dalam negeri akan terbuka lebar. Sebab, kerja sama yang dijalin itu akan membuat ekosistem ekonomi digital akan semakin kondusif terhadap peluang usaha yang dapat dilakukan melalui ruang digital.

“Memang masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia ini harus bermigrasi ke ruang digital bersama-sama,” pungkasnya.


Photo Credit: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. ANTARA/Galih Pradipta

 

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close