Ketika Warkop DKI Mengultimatum Warkopi, Begini Jadinya

Ketika Warkop DKI Mengultimatum Warkopi, Begini Jadinya

"Kami mengingatkan untuk Warkopi tidak menggunakan nama Warkopi selama tujuh hari sejak dikeluarkan rilis ini. Karena nama Warkopi sangat lekat dengan Warkop DKI,"

Ketika Warkop DKI Mengultimatum Warkopi, Begini Jadinya

Telegraf – Warkop DKI dan Indro mengultimatum trio Warkopi untuk segera mengganti nama dalam 7×24 jam atau seminggu ke depan. Tak hanya itu, Warkopi juga diminta menghentikan segala kegiatan yang bersifat meniru grup komedian legendaris tersebut.

Ultimatum itu dilontarkan oleh Satrio Sarwo Trengginas selaku anak mendiang Wahyu Sardono atau Dono yang menjadi bagian dari Warkop DKI, dalam jumpa pers secara daring pada Rabu (06/10/2021).

“Kami mengingatkan untuk Warkopi tidak menggunakan nama Warkopi selama tujuh hari sejak dikeluarkan rilis ini. Karena nama Warkopi sangat lekat dengan Warkop DKI,” katanya.

Satrio mengatakan Warkop DKI mengapresiasi permintaan maaf oleh Warkopi terkait tindakan mereka yang dianggap melanggar hak cipta grup komedian tersebut.

Meski demikian, kata Satrio, pihaknya tetap meminta segala kegiatan Warkopi yang bersifat meniru Warkop DKI untuk segera dihentikan. Ditegaskan Warkopi belum meminta izin terkait pembuatan konten mirip Warkop DKI itu.

“Kami menegaskan, Warkopi dan manajemen Patria TV belum meminta izin secara langsung,” tegasnya.

Sementara itu, Indro Warkop menyatakan tidak ada lagi perdebatan perihal hak cipta atau HAKI yang dipermasalahkan dalam kisruh dengan Warkopi.

Dikakatakan, Warkop DKI yang telah mendaftarkan hak cipta atas karakter Dono, Kasino, dan Indro dengan tegas tidak memberikan izin atas penggunaan karakter itu kepada pihak lain termasuk Warkopi.

“Secara tegas lembaga Warkop tidak mengizinkan. Tidak ada lagi mungkin pembicaraan mengenai HAKI ini. Jadi sudah tertutup,” kata Indro

“Karena satu, lembaga Warkop punya hak untuk HAKI. Selain itu lembaga Warkop sudah mempunyai perjanjian eksklusif dengan PT Falcon,” imbuhnya.

“Jadi enggak ada istilah Indro Warkop marah atau nutup rezeki,” bebernya.

Indro juga meminta kepada Warkopi yang terdiri dari Alfin, Sepriadi, dan Alfred untuk menjadi diri mereka sendiri dalam berkarya di industri hiburan.

Ia pun mengingatkan bila tetap terus menggunakan karakter atau sengaja meniru Warkop DKI, Warkopi bisa dapat teguran dari rumah produksi.

Jika terjadi, kata Indro, hal itu sudah berada di luar tanggung jawabnya.

“Bukan masalah plagiat, tapi menirunya. Dalam sejarah belum ada peniru yang sukses juga. Akhirnya mereka sukses dengan dirinya sendiri,” pungkasnya.


Photo Credit: Warkopi, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Freddy Harris menyebutkan Warkopi harusnya memiliki ijin karena Lembaga Warkop DKI sudah mendaftarkan merek dagang. Warkopi (Instagram @sepriadi_97)

 

Ishwari Kyandra

close