Kejar Target Herd Immunity, Wapres Minta Vaksinasi Dikebut

Kejar Target Herd Immunity, Wapres Minta Vaksinasi Dikebut

"Artinya masih diperlukan kerja keras untuk mencapai herd immunity. Dengan kecepatan vaksinasi tersebut, diperkirakan masih dibutuhkan 7 bulan dari sekarang atau sekitar pertengahan tahun 2022 untuk mencapai cakupan 70 persen,"

Kejar Target Herd Immunity, Wapres Minta Vaksinasi Dikebut

Telegraf – Pemerintah menargetkan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan 70 persen vaksinasi tercapai pada akhir 2021. Demi mengejar target tersebut, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meminta kepada semua pihak untuk mempercepat jalannya vaksinasi.

Sebab, menurut Ma’ruf Amin, jika kecepatan vaksinasi tidak ditingkatkan kemungkinan herd immunity Indonesia baru akan tercapai pada pertengahan 2022.

Ia menjelaskan demi mencapai target kekebalan kelompok pemerintah mencanangkan vaksinasi Covid-19 minimal 70 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Jumlah itu setara dengan 208 juta warga.

Namun berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan rata-rata capaian vaksinasi di Indonesia seharinya hanya 1,4 juta dosis, sehingga sulit dicapai target pada 2021.

“Artinya masih diperlukan kerja keras untuk mencapai herd immunity. Dengan kecepatan vaksinasi tersebut, diperkirakan masih dibutuhkan 7 bulan dari sekarang atau sekitar pertengahan tahun 2022 untuk mencapai cakupan 70 persen,” katanya, Rabu (06/10/2021).

Karenanya, Ma’ruf mendorong berbagai pihak untuk melakukan percepatan vaksinasi hingga 2,5 juta dosis per hari guna mencapai target kekebalan kelompok hingga akhir 2021. Dia juga menyinggung beberapa daerah yang rendah cakupan vaksinasi Covid-19 agar segera berupaya meningkatkan capaian program vaksinasi.

“Kami juga mencatat bahwa masih banyak daerah yang tertinggal dalam capaian vaksinasi. Saya meminta agar TNI dan Polri memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah guna meningkatkan kecepatan vaksinasi,” ucapnya.

Diketahui, berdasarkan data dari Kemenkes per 5 Oktober 2021, capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 94.939.217 orang (45 persen) dan 53.656.921 orang (25 persen) untuk dosis kedua. Masih jauh dari target sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 208 juta rakyat Indonesia.


Photo Credit: Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/03). ANTARA/Aditya Pradana Putra

 

A. Chandra S.

close