Kapolri Akan Dilantik Rabu Esok, KIH Ucapkan Selamat

"Dan bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dan kementerian/lembaga lain-lain untuk mendukung dan mengawal program pemerintah,"

Kapolri Akan Dilantik Rabu Esok, KIH Ucapkan Selamat


Telegraf – Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kapolri, pada Rabu (27/01/2021) mendatang. Informasi ini telah dipastikan oleh Polri.

“Iya (pelantikan hari Rabu),” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Minggu (24/01/2021).

Sigit akan dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Ia menggantikan Jenderal Idham Azis yang telah memasuki usia pensiun.

Sigit pun akan dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang empat.

Oleh karena hal itu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) melalui keterangan yang disampaikan mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru.

“Harapan kami ketika Kapolri baru sudah dilantik, kami berharap agar Kapolri dan jajarannya bisa membela kepentingan dan berlaku adil kepada seluruh masyarakat, kami mendukung penuh Kapolri untuk memberantas terorisme, radikalisme juga menindak tegas intoleransi,” kata Albert Timothy, Ketua Umum Koalisi Indonesia Hebat (KIH), Senin (25/01/2021).

Sebelumnya, DPR telah menyetujui pengangkatan Sigit sebagai Kapolri. Ia juga telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Rabu (20/01/2021) lalu.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri ini, merupakan calon tunggal yang diajukan Jokowi untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI.

Sebagai calon Kapolri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo memiliki delapan komitmen yang akan ia jalankan jika dirinya kelak menjadi Kapolri.

Listyo Sigit menyampaikan, salah satu komitmennya itu yakni menjadikan Polri sebagai institusi yang “Presisi”.

Listyo menyampaikan hal tersebut saat uji kelayakan calon Kapolri di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021

“Pertama, menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, transparan dan berkeadilan atau Presisi,” ujarnya.

Komitmennya yang kedua yakni menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional.

Lanjutnya, komitmennya yang ketiga, menjaga soliditas internal Kepolisian, lalu komitmennya yang keempat yaitu meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri.

“Dan bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dan kementerian/lembaga lain-lain untuk mendukung dan mengawal program pemerintah,” jelasnya.

Listyo menjabarkan, komitmen kelimanya ialah mendukung terciptanya inovasi dan kreatifitas yang mendorong kemajuan ekonomi Indonesia.

Lanjutnya menuturkan, komitmen yang keenam yakni menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan.

“Ketujuh, mengedepankan pencegahan permasalahan keadilan dengan mengedepankan keadilan restoratif atau ‘restoratif justice’ dan menyelesaikan masalah atau ‘problem solving’. Lalu kedelapan ialah setia kepada NKRI, dan senantiasa merawat kebhinekaan,” pungkasnya.


Photo Credit: Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). ANTARA/Galih Pradipta

 

Didik Fitrianto

close