Junta Militer Ancam Aung San Suu Kyi 14 Tahun Penjara

"Suu Kyi sendiri sebelumnya sudah dijatuhi sejumlah dakwaan. Di antaranya adalah pelanggaran UU Bencana Alam, ekspor-impor karena memiliki walkie-talkie ilegal, hingga tuduhan suap dan korupsi berupa emas 11 kg serta uang tunai sebesar USD 600 ribu (Rp8,7 miliar)."

Junta Militer Ancam Aung San Suu Kyi 14 Tahun Penjara

Telegraf – Junta militer Myanmar lagi-lagi memberi dakwaan baru untuk pemimpin sipil Aung San Suu Kyi yang digulingkan. Dalam dakwaan anyarnya, junta bahkan telah mendakwa Suu Kyi dengan tuduhan pelanggaran undang-undang (UU) rahasia resmi negara. Itu menjadi dakwaan paling serius yang dihadapkan untuk Suu Kyi sejauh ini.

Mengutip BBC hingga Reuters, dakwaan baru dari militer itu dibocorkan oleh pengacara Suu Kyi, Khin Maung Zaw pada Kamis (01/04/2021). Itu hanya sehari setelah Suu Kyi muncul melalui tautan video di pengadilan sehubungan dengan dakwaan sebelumnya.

Namun, dalam konfirmasinya, Khin mengatakan bahwa dakwaan itu juga menyasar empat pembantu Suu Kyi. Mereka adalah tiga menteri kabinet serta penasihat ekonomi Suu Kyi asal Australia, Sean Turnell.

Selain itu, Khin juga membeberkan bagaimana pihaknya baru mengetahui dakwaan itu dua hari lalu. Padahal, menurut informasi, dakwaan atas Suu Kyi cs itu mulai dijatukan di pengadilan Yangon seminggu lalu. Sementara menurut laporan, vonis hukuman atas dakwaan dikatakan mencapai hingga 14 tahun penjara.

Hingga kini, belum jelas tindakan spesifik apa yang dilakukan Suu Kyi hingga ia dikenai dakwaan pelanggaran UU rahasia negara.

Suu Kyi sendiri sebelumnya sudah dijatuhi sejumlah dakwaan. Di antaranya adalah pelanggaran UU Bencana Alam, ekspor-impor karena memiliki walkie-talkie ilegal, hingga tuduhan suap dan korupsi berupa emas 11 kg serta uang tunai sebesar USD 600 ribu (Rp8,7 miliar).

Pada Kamis (01/04), Suu Kyi pun muncul di pengadilan melalui tautan video sehubungan dengan dakwaannya tersebut. Suu Kyi belum pernah muncul di publik sejak kudeta 1 Februari lalu. Namun, menurut pengacaranya yang lain, Min Min Soe, ia tampak sehat selama mengikuti sidang.

Baca Juga :   10 Diplomat Rusia Diusir Dari AS

“Amay Su dan Presiden U Win Myint dalam keadaan sehat,” kata Min menggunakan istilah ibu untuk Suu Kyi yang berusia 75 tahun.

Sementara Suu Kyi menghadapi dakwaan baru, situasi di Myanmar dilaporkan masih mencekam karena aksi kekerasan dari aparat. Kelompok Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) juga telah mengonfirmasi bagaimana korban warga sipil yang tewas akibat aksi junta mencapai sedikitnya 520 orang.

Terungkap pula dari ratusan korban yang tewas itu, puluhan di antaranya adalah anak-anak. Dalam laporan terbarunya, Save the Children bahkan mengumumkan bahwa jumlah anak-anak yang terbunuh sejak kudeta mencapai setidaknya 43 jiwa.


Photo Credit: Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi berfoto di Naypyitaw, Myanmar, pada 27 Januari 2021. REUTERS

 

Fajri Setiawan

close